Telaga Biru Semin, Bukit Batu Pandangnya Gunungkidul

Telaga Biru Semin, Bukit Batu Pandangnya Gunungkidul
3.8 (75%) 20 votes

Telaga Biru merupakan danau kecil yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di daerah Semin Gunungkidul. Kawasan ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak foto-foto telaga ini terupload di media sosial. Pemandangan dari atas telaga ini memiliki kemiripan dengan pemandangan dari atas Telaga Warna dan Telaga Pengilon di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Telaga Biru (Blue Lake) atau bernama lain Telaga Hijau (Green Lake), Telaga Ijo terletak di area Tambang Batu Putih, dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kawasan tersebut berbatasan dengan wilayah dusun Namengan, desa Krajan, kecamatan Weru, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pemandangan Telaga Biru Semin Gunungkidul Dan Tebing Batu Putih

Lokasi Telaga Biru berada di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo tepatnya di daerah Semin. Ada 2 (dua) cara menuju wisata telaga ini dari pusat kota Yogyakarta. Cara pertama melewati rute jalur Yogyakarta – Jalan Solo – Prambanan -Klaten – Cawas – Semin – Watu Kelir. Cara kedua melewati rute lajur Yogyakarta – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangmojo – Semin – Watu Kelir. Perkiraan jarak Jogja – Wonosari sejauh 60 km dan Wonosari – Semin (Telaga Biru) sekitar 25 km. Bila pengunjung dari daerah Sukoharjo dapat melalui kecamatan Weru menuju Semin. Letak telaga ini berdekatan dengan Situs Candi Risan dan Jurug Bangunsari sehingga dapat dijadikan satu paket wisata.

Gerbang masuk Telaga Biru Semin dan tambang batu putih ini melewati wilayah kabupaten Sukoharjo. Posisi jalan masuk menuju tambang ini berada setelah gapura batas wilayah Gunungkidul dari arah Semin. Carilah Gapura Dusun Namengan dan masuk ke jalan perkampungan tersebut yang masih berupa jalan cor semen. Pada sebuah pertigaan kecil sebelum memasuki pemukiman warga pilihlah jalan ke arah kiri menuju ke tambang. Akses menuju ke telaga ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil.

Kolam Bekas Galian Di Telaga Biru Semin Gunungkidul

Telaga Biru Semin merupakan danau buatan atau kolam raksasa yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di kawasan perbukitan Candirejo, Semin Gunungkidul. Penggalian batu putih hingga mencapai dasar tanah menyebabkan benturan dengan lapisan air tanah. Air tanah tersebut muncul ke permukaan dan memenuhi cekungan batu yang telah ditambang. Akibatnya terbentuk beberapa kolam berisi air yang cukup dalam. Selama kurun waktu tertentu dasar kolam ditumbuhi lumut dan ganggang sehingga menimbulkan warna biru kehijau-hijauan bila dilihat dari atas atau puncak bukit. Kasus terbentuknya danau kecil dari aktivitas tambang ini sebenarnya merupakan kerusakan lingkungan yang sering ditemukan di daerah pertambangan seperti Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara, Papua, dan sebagainya.

Aktivitas penambangan batu putih di sekitar Telaga Biru Semin Gunungkidul saat ini masih berlangsung atau belum berhenti. Masih banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari usaha pertambangan rakyat ini. Aktivitas penambangan batu putih terlihat sejak pagi hari hingga sore hari. Truk berukuran tanggung berlalu lalang untuk mengangkut bongkahan batu putih yang ditambang dan dipotong warga. Batu putih yang ditambang di kawasan ini akan diolah sebagai bahan baku bangunan hingga kerajinan. Entah sampai kapan perbukitan batu putih tersebut bertahan hingga semua sumber daya alam akan habis tidak bersisa.

Annosmile Di Telaga Biru Semin Gunungkidul

Pengunjung Telaga Biru Semin Gunungkidul semakin hari semakin bertambah karena semakin banyak yang penasaran dan ingin berfoto di tempat ini. Biru dan hijaunya warna telaga buatan ini cukup menarik perhatian pengunjung. Pemandangan Telaga Biru dari atas bukit mirip seperti pemandangan dari atas Batu Pandang yang berlatar Telaga Warna dan Telaga Pengilon di Dataran Tinggi Dieng. Beberapa orang tidak menyangka bahwa pemandangan tersebut berada di kawasan Telaga Biru Semin Gunungkidul. Pengunjung tidak perlu jauh-jauh datang ke Dataran Tinggi Dieng untuk sekedar berfoto diatas bukit dengan berlatar danau atau telaga yang berwarna biru kehijau-hijauan ini.

Pengunjung Telaga Biru Semin Gunungkidul diharapkan tetap menjaga keselamatan diri sendiri. Kondisi tebing bukit batu putih yang rapuh dapat membahayakan keselamatan pengunjung. Aturan dan larangan sebaiknya segera diinformasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Keberadaan wisata baru ini dapat menjadi alternatif usaha masyarakat sekitar yang saat ini masih menggantungkan hidupnya pada usaha tambang batu puth. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Telaga Biru
Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: *gratis*
Parkir Motor: Rp 2.000,-

Ada 15 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. angkisland:

    wuhhhh Nie spot emang Hits mas hehe…. mantap dah mas anno josh…

    • admin:

      Hi Angkisland, monggo mas kalau mau berkunjung ke Telaga Biru :-)

  2. Aji Sukma:

    Cusss agendakan kesini minggu depan ah. hihihi Thanks Infonya mas ;)

    • admin:

      Hi Aji Sukma, monggo mas :-)

  3. Jarwadi MJ:

    edan tenan, kamu sudah sampai ke sini saja :

    • admin:

      Hi Jarwadi MJ, hehe iya mas mumpung belum rame :-)

  4. nbsusanto:

    tempat ini kondang tenan ya mas.. tapi beberapa bulan lagi tinggal seberapa yang tersisa ya? jadi inget lava bantal.. :)

    • admin:

      Hi nbsusanto, iya mas sekarang malah sedih liat kondisi lava bantal :(

  5. Yugo:

    Bisa jadi tujuan berikutnya ni, mumpung genangan airnya masih banyak. :D

  6. itox:

    saiki wis rame … ha ha ha

    btw ini kok gak ada tanggal posting & tanggal komen sih?

    • admin:

      Hi Itox, iya mas dari tema blognya seperti ini. Terima kasih atas kunjungannya :-)

  7. widy:

    mas, kalo rute mulai dari cawas ke lokasi udah bagus blom ya jalannya?
    tks infonya…

    • admin:

      Hi Widy, sudah bagus bisa diakses dengan mobil :-)

  8. Dirman:

    Luar biasa.. saat kami berkunjung 28 maret lalu, tiket motor sudah Rp 3.000 mas.. mudah2an semakin lama semakin banyak warung hehehe :)

  9. alfian:

    wahh cocok nihh pas bgt buat foto2 yah, pasti hasilnya bagus

Kirim pendapat