Teh Poci Lek Min Bantul, Nuansa Tradisional Namun Harga Tidak Bersahabat

Teh Poci Lek Min Bantul, Nuansa Tradisional Namun Harga Tidak Bersahabat
Rate this post

Warung Teh Poci Lek Min Gumuk Indah merupakan satu diantara warung angkringan yang menyediakan sajian teh poci yang banyak dijumpai di daerah pesisir utara (pantura) Pulau Jawa mulai dari Brebes hingga Pekalongan.Warung teah poci ini sudah buka sejak beberapa puluh tahun dan pernah menjadi langganan beberapa seniman kota Yogyakarta.

Warung Angkringan Tradisional dan Teh Poci Lek Min Gumuk Indah beralamat di Jalan Prapanca, Perumahan Gumuk Indah, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta. Buka dari sore hari hingga menjelang subuh.

Papan Nama Warung Teh Poci Lek Min

Lokasi Warung Angkringan Teh Poci Lek Min berada di pinggiran kota Yogyakarta tepatnya berada di belakang SMKI (Dulu SMSR). Tempatnya cukup tersembunyi ditengah-tengah perkampungan penduduk dan di tepi sungai Winongo. Disebelah Warung Angkringan Teh Poci Lek Min terdapat sebuah pemancingan umum. Akses jalan dapat dilakukan dari simpangan kecil Jalan Bantul atau jalan kecil disebelah SMKI.

Bangunan Warung Angkringan Teh Poci Lek Min berupa bangunan semi permanen dengan bahan kayu, bambu, dan asbes. Dari kejauhan terkesan seperti gubug warung yang terlihat sudah tua. Kondisi pencahayaan sekitar warung tampak gelap dan sepertinya kurang penerangan pada malam hari. Warung ini tidak menyediakan area parkir yang luas karena bangunan warung berhimpit dengan badan jalan. Area parkir hanya mampu untuk beberapa buah kendaraan roda dua saja dan yang lainnya dipersilakan parkir di tepi jalan.

Makanan Khas Angkringan Di Warung Teh Poci Lek Min

Memasuki Warung Angkringan Teh Poci Lek Min, pengunjung disambut dengan suasana warung yang tradisional dengan pencahayaan remang-remang khas warung desa di waktu malam. Beberapa meja kayu jati ditata secara rapi memenuhi seisi ruangan. Pengunjung dipersilakan langsung memesan minuman teh poci dan mengambil beberapa makanan yang tersedia di rak makanan. Di dalam rak makanan yang bentuknya seperti gerobak angkringan terdapat menu makanan khas angkringan tepi jalan. Sebut saja bermacam-macam gorengan, tahu tempe bacem, bermacam-macam sate, krupuk, dan nasi kucing. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang biasa ditemui di warung nasi pedesaan seperti sayur lodeh, sayur brongkos, dan gulai kambing. Nasi brongkos menjadi salah satu daya tarik makanan di warung ini selain sajian teh poci.

Pengunjung dipersilakan duduk di tempat duduk yang masih kosong setelah memesan minuman dan memilih makanan yang akan disantap. Tidak berapa lama teh poci disajikan diharapan pengunjung. Sajian teh poci yang kami rasakan terkesan biasa dan tidak memiliki rasa yang khas dan unik. Sepertinya sajian teh poci di Warung Angkringan Teh Poci Lek Min telah kehilangan cita rasa yang diembannya sejak awal mulai berdiri. RAsa teh poci terkesan encer dan tidak mencitrakan sajian teh poci yang nasgitel (panas, harum, legi. kentel = panas, harum, manis, kental). Mengenai rasa makanan pun tidak istimewa dan terkesan biasa seperti angkringan yang lain.

Sajian Teh Poci Lek Min

Sepertinya daya tarik dari warung ini adalah suasana warung yang masih tradisional dan jauh dari keramaian jalan raya. Menurut informasi yang diperoleh dari beberapa sumber, Warung Teh Poci Lek Min ini terkenal karena pada zaman dahulu pernah menjadi tempat nongkring para seniman Yogyakarta. Meskipun sekarang pengunjungnya bergeser menjadi para orang tua, eksekutif, masyarakat umum, mahasiswa, atau wisatawan asing yang kebetulan mampir di warung ini.

Jangan mengira Warung Angkringan Teh Poci Lek Min dengan suasana tradisional dan merakyat ini bertarif murah. Harga makanan dan minuman di warung ini cukup mahal dan tidak cocok dikantong pengunjung berdana pas-pasan. Berdasarkan pengalaman kami, harga makanan dan minuman di Warung Angkringan Teh Poci Lek Min beberapa kali lipat dari harga di angkringan tepi jalan. Tidak heran bila banyak orang kapok setelah berkunjung ke warung ini meskipun ada yang kembali berkunjung ke warung ini sekedar bernostalgia. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Teh Poci Lek Min
Jl. Bugisan Selatan, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142
Telp :(0274) 7456561

Jam Buka
Setiap hari pukul 09.00 - 02.00 WIB

Kirim pendapat