Tebing Banyunibo, Wisata Alternatif Di Kaki Perbukitan Prambanan Sleman

Tebing Banyunibo merupakan kawasan wisata baru yang melengkapi daya tarik wisata di wilayah Prambanan Sleman. Keberadaannya dikenal sebagai wisata pelengkap saat mengikuti Jeep Offroad Tebing Breksi dan favorit tempat beristirahat pesepeda pada akhir pekan. Obyek wisata ini dikelola oleh masyarakat desa setempat

Tebing Banyunibo beralamat di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Lokasi Tebing Banyunibo berada di bawah kawasan perbukitan Prambanan dekat dengan Situs Candi Banyunibo. Rute menuju Tebing Banyunibo hampir sama seperti menuju ke Tebing Breksi karena posisi obyek wisata ini berada di sebelah bawahnya. Dari Jalan Prambanan-Piyungan masuk ke arah timur mengikuti papan petunjuk arah menuju Tebing Breksi dan Candi Ijo. Pada sebuah tanjakan pertama setelah jembatan sungai kecil langsung belok ke arah kiri menyusuri tepian sungai. Sekitar jarak 300 meter akhirnya tiba di kawasan wisata Tebing Banyunibo. Alternatif lain dapat melewati jalan berbatu dari Candi Banyunibo ke selatan namun tidak disarankan karena medan jalannya offroad dan menjadi jalur wisata Jeep Ofrroad Tebing Breksi.

Area parkir pengunjung Tebing Banyunibo masih terbatas untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Untuk bus kecil bus besar belum dapat masuk ke lokasi karena kondisi jalan yang sempit melewati area pemukiman warga. Kondisi area parkir masih berupa tanah yang dipadatkan dan belum dilakukan pemasangan paving. Namun penataan parkir pengunjung tergolong rapi dan tidak merusak pemandangan kawasan wisata.

Baca Juga  Batu Tulis Dieng Dan Penampakan Seperti Muka Semar

Tebing Banyunibo merupakan bekas galian tambang batu putih sama seperti Tebing Breksi. Kawasan ini dikembangkan menjadi obyek wisata dan diresmikan pada pertengahan tahun 2019. Desain dan tata ruang obyek wisata ini hampir sama dengan Tebing Breksi, bedanya area kawasan ini tergolong sempit dan tidak seluas Tebing Breksi. pada sebuah tebing batu dibangun tulisan Tebing Banyunibo sebagai spot foto utama pengunjung atau wisatawan yang mampir di tempat ini. Pada sisi sampingnya dibangun taman bunga dan kolam untuk mempercantik kawasan. Pembangunan kawasan ini masih akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya agar menampung banyak pengunjung.

Keunggulan Tebing Banyunibo dibandingkan Tebing Breksi adalah suasana tergolong teduh dan banyak terdapat rerimbunan pohon. Pengunjung dapat berteduh di bawah rindangnya pohon pada siang hari sambil menikmati hidangan kios-kios makanan yang ada. Kios atau warung makan yang berada di obyek wisata ini cukup bervariasi dan harganya cukup terjangkau.

Secara keseluruhan Tebing Banyunibo dapat menjadi wisata alternatif yang murah meriah dan pengganti Tebing Breksi yang terlalu ramai wisatawan dan sudah ada retribusi masuk kawasan wisata. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat