Tape Singkong Khas Gunungkidul, Cita Rasa Manis Dan Asam

Tape Singkong khas Gunungkidul merupakan olahan baru yang buat salah satu warga Gunungkidul untuk meningkatkan daya jual singkong. Keberadaannya sering ditemukan pada warung kakilima di seputaran Gunungkidul dan merupakan titipan warga sekitar yang membuat makanan tersebut. Cita rasanya tidak berbeda dengan tape singkong biasa hanya saja kemasannya sedikit berbeda.

Tape Singkong Khas Gunungkidul

Rasa Tape Singkong khas Gunungkidul ini berasa manis dan sedikit asam, sama seperti tape singkong yang lain. Harga yang ditawakan untuk sebungkus tape singkong ini cukup terjangkau karena biaya produksinya cukup murah. Rata-rata para pembuat tape singkong hanya bermodalkan ragi dan bahan bakar untuk merebusnya. Sedangkan singkong dan daun pisang untuk pembungkus diambil dari kebun masing-masing yang cukup melimpah.

Cara membuat Tape Singkong khas Gunungkidul berbeda dengan tape singkong pada umumnya dimana singkong dipotong kecil-kecil seukuran dadu setelah dilakukan perebusan. Potongan singkong seukuran dadu tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian ditaburi ragi tape. Selanjutnya dibungkus rapat dan diamkan selama beberapa hari. Proses peragian singkong berhasil dan Tape Singkong khas Gunungkidul siap disajikan dan disantap. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat