Tape Ketan Putih, Jajanan Pasar Yang Manis, Asam, Dan Segar

Tape Ketan Putih merupakan salah satu jajanan pasar favorit yang memiliki cita rasa manis, segar, dan sedikit asam. Makanan ini cukup mudah ditemukan di kawasan pasar tradisional, warung jajanan pasar, dan kadang ditemukan di warung-warung makan di sekitar desa. Selain itu Tape Keten Putih sering menjadi campuran olahan makanan yang lain. Tape Ketan Putih ini biasanya dibungkus dengan daun pisang walaupun kadang ada yang dibungkus dengan plastik saja.

Tape Ketan Putih Dengan Bungkus Daun Pisang

Jajanan Tape Ketan Putih ini kadang ditemukan dalam acara-acara tertentu seperti sebagai hidangan cemilan saat hajatan, acara pesta, syukuran, khitanan, arisan, atau acara-acara special lainnya. Kurang lengkap rasanya bila hidangan camilaan yang disajikan tidak ditemukan makanan ini. Namun demikian saat ini Tape ketan Putih sudah mulai jarang disajikan dalam acara yang berlokasi di perkotaan karena jenis camilan diganti dengan makanan lain yang lebih simpel dan mungkin lebih menghemat biaya.

Cara membuat Tape Ketan Putih cukup mudah meskipun diperlukan keterampilan dalam membuatnya. Selain itu dibutuhkan waktu yang cukup yaitu beberapa hari agar proses fermentasi pada ketan berhasil. Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain beras ketan putih, gula, ragi, dan bungkus daun pisang. Proses mengolahnya cukup mudah dimana beras ketan putih dicuci, direndam, kemudian dikukus. Siapkan beras ketan putih per saji kemudian bungkus dengan daun pisang namun sebelumnya ditaburi cairan gula pasir dan bubuk ragi diatasnya. Selanjutnya tutup rapat dan biarkan selama 2-3 untuk proses fermentasi dan jadilah Tape Ketan Putih berbungkus daun pisang. (text/foto: http://teamtouring.net)

Kirim pendapat