Tambal Ban Dengan Pemanas Kompor Gas

Tambal ban dengan pemanas kompor gas merupakan kreativitas teknik menambal ban yang dilakukan oleh penjual jasa tambal ban. Pemanas kompor gas ini menggantikan keberadaan kompor minyak yang dirasa cukup lama dan panas yang dihasilkan kurang optimal. Metode tambal ban yang digunakan sebenarnya sudah lama, hanya saja sedikit mengalami modifikasi pada bagian pemanas. Keberadaan tambal ban dengan modifikasi ini jarang ditemukan karena alat yang digunakan hasil karya sendiri.

Alat Tambal Ban Dengan Pemanas Kompor Gas

Alat tambal ban dengan pemanas kompor gas hampir sama dengan alat tambal ban konvensional atau yang umum dilakukan oleh tukang tambal ban tepi jalan. Alat-alatnya sebut saja pompa angin, pencungkil ban, potongan ban, lem ban, gunting, gergaji besih kecil, sebaskom air, dan tungku pemanas. Proses pengerjaan tambal ban dari awal hingga akhirpun nyaris sama. Yang membedakan adalah tungku pemanas bukan dari kompor minyak melainkan dari kompor gas.

Sedikit informasi tentang alat tambal ban dengan pemanas kompor gas, alat ini dibuat dari hasil modifikasi dari kompor gas yang digunakan untuk rumah tangga. Kompor gas tersebut menggunakan tabung gas elpiji 3 kg atau yang dikenal dengan tanbung gas melon warna hijau muda. Alat ini merupakan hasil karya dari pemilik jasa tambal ban sendiri untuk meningkatkan kualitas tambal ban dan menambah kecepatan waktu. Keuntungan dengan menggunakan pemanas kompor gas ini adalah waktu lebih singkat, suhu yang dicapai optimal, pemasakan karet ban lebih sempurna, dan lebih irit penggunaan bahan bakar (dalam hal ini menggunakan tabung gas 3 kg). Kinerjanya bisa dibilang mirip dengan alat ban press elektrik yang menggunakan sumber listrik. Belum ada rencana mengkomersialkan alat tambal ban dengan pemanas kompor gas karena tidak diketahui standar keamanan saat digunakan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat