Nongkrong Asyik di Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan atau disebut juga Alun-Alun Kuningan merupakan salah satu landmark yang berada di ibukota kabupaten Kuningan Jawa Barat. Keberadaannya belum lama dibangun dan sebetulnya merupakan alih fungsi bangunan plaza yang tidak terpakai di pusat kota Kuningan. Masyarakat menyambut positif dibangunnya taman kota ini dan menambah daya tarik wisata di pusat kota Kuningan.

Taman Kota Kuningan berada di Jalan Aria Kamuning-Jalan Veteran, kecamatan Kuningan, kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Suasana Taman Kota Kuningan Jawa Barat

Lokasi Taman Kota Kuningan berada di jantung ibukota kabupaten Kuningan dan dilewati jalan besar atau jalan protokol. Letaknya cukup strategis karena dikelilingi oleh Masjid Syiarul Islam Kuningan, Gedung KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Pusat Pertokoan Ruko Taman Kota, dan Pertokoan Taman Barat. Pengunjung dapat menempuhnya dari arah barat melalui Jalan Veteran, dari arah timur melalui Jalan Dewi Sartika, dan dari arah utara melalui Jalan Veteran.

Asal usul keberadaan Taman Kota Kuningan sebelumnya merupakan bangunan plaza sebagai bioskop. Seiring berjalannya waktu bioskop tersebut tutup dan plaza menjadi sepi. Kondisi plaza yang sepi dan terbengkalai kadang disalahgunakan anak-anak muda untuk hal-hal yang negatif seperti mabuk-mabukan dan seks bebas. Pemerintah daerah memutuskan untuk membongkar plaza ini pada tahun 2008 dan dimulainya proyek pembangunan taman kota. Taman kota ini diresmikan langsung  Bapak H. Aang Hamid Suganda, Bupati Kabupaten Kuningan pada masa jabatan periode tahun 2008-2013. Pembangunan Taman Kota Kuningan memiliki beberapa tujuan antara lain menciptakan suasana kota yang asri, menghijaukan kawasan kota yang penuh dengan bangunan, mengurangi polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan, dan sebagai tempat bermain serta berkumpul masyarakat. Selain sebagai tempat hiburan, Taman Kota Kuningan juga berfungsi sebagai tempat pertunjukkan kecil. Pada salah satu sisi dibangun sebuah panggung kecil dengan tempat duduk berupa tangga melingkar dengan posisi lebih rendah.

Baca Juga  Touring Bandung-Kuningan Yang Menyesatkan

Daya tarik lain Taman Kota Kuningan adalah keberadaan patung kuda sebagai simbol kabupaten Kuningan. Patung kuda ini cukup menarik perhatian orang yang berkunjung ke Taman Kota Kuningan dan menjadi salah satu tempat yang menarik untuk berfoto. Di sekeliling Taman Kota Kuningan dibangun ruko-ruko baru yang menjual bermacam-macam jenis barang dan makanan. Beberapa diantaranya belum selesai dibangun dan membutuhkan beberapa waktu hingga semuanya selesai dibangun. Asyik juga nongkrong di taman, suasananya cukup nyaman dan tidak terlalu ramai. Beberapa pedagang makanan menggelar dagangannya dari atas kendaraan roda duanya. Jalan disekitar taman sedikit kendaraan yang lewat sehingga tidak terlihat lalu lalang dan bisingnya suara kendaraan.(text/foto: annosmile)

Ada 19 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. duduuut:

    mampir..lam knal..

    ko kliatan nyah jalan2 mulu y..
    asek tuh..

    • annosmile:

      memang asyik :D

  2. Eljaholic:

    huehue.. blom pernah saya ke kuningan.. tapi bude saya ada yg orang sana :D

  3. Rita:

    Itu di Kuningan tohh kirain di luar negeri

  4. Dias:

    wah.,.,gede ya!!!Kaya’ dikota.,.,

    • annosmile:

      memang kota bro :D

  5. namada:

    bagus ya..
    oia, Hucap itu makanan seperti apa?

  6. cumie:

    waaaaaaaaaah.. keren bener. asli potoya?? dari mana ngambilnya tuh?

    • annosmile:

      beneran asli bro
      saya ambil dari atas masjid raya Syi’arul Islam
      klo nggak percaya saya kirimkan file fotonya :D

  7. wi3nd:

    ituh baru ya?
    aku pernah kekunin9an tapi nda pernah liat ituh?taman kota?dimana?

  8. suwung:

    jadi laperrr

  9. katakataku:

    Suer gw yg anak asli kuningan tapi baru liat taman kota dari mesjid Syiarul hebat banget, sbelumnya blum pernah DIK :D

    oia neh photo me & fren malam hari di taman kota :D

  10. djoni preman peusing:

    wau indah sekali kota kuningan ku jadi pengen pulang ke kuningan

  11. aink:

    jelek yah!!!!

    • MANEH:

      KUNAON ARI MANEH HEY ! :v

  12. muhamad jacky:

    Assalamualaikum wr.wb
    Hai teman,kumaha calager? kota kuningan sejuk indah ya?
    saya asal ti kuningan betah pisam meskipun kota kecil tapi yaman banget……..

  13. addiehf:

    Taman Kota (tamkot) kuningan yang dulunya akan dibangun sebuah Mall tp ga jadi (doH)

  14. oetoen:

    enak buat nongkrong, pambil cari kenalan baru buruan gich datang…

  15. diana rose:

    hmm…. jadi emut ka masa katukang,,
    abdi keur sakola di smk negri 2 kuningan pami.. uih na siank keneh abdi sok nongkrong heula di taman kota sareng rerencangan.
    sa’tacn nongkrong abdi sok mampir k toko arab kanggo milarian aksesori.

    pami tos adzan.. abdi sholat di masjid syiarul islam..
    kadang,,, ngerjakeun tugas kelompok oge d masjid.

    duhh,,, jadi palay deui kaditu..
    irahanya.. abi tiasa amengan sareng rerencangan ka taman kota…???

    ayana mh sadaya rencangan tos sararibuk… ku padamelan maing-masing.

Kirim pendapat