Taman Hijau Patuk, Gerbang Masuk Wilayah Gunungkidul

Taman Hijau Patuk atau memiliki sebutan lain Taman Hijau Geopark merupakan taman yang dibangun di area perbatasan dan gerbang masuk wilayah kabupaten Gunungkidul. Tujuan pembangunan taman ini adalah untuk memperindah gerbang masuk kabupaten Gunungkidul dan menambah citra positif wisatawan yang akan berwisata di Gunungkidul. Taman ini cukup mendapat respon positif bagi pengguna jalan yang melewati tempat ini.

Taman Hijau Patuk sebagai gerbang masuk kabupaten Gunungkidul terletak di kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Batu Bertuliskan Taman Hijau Patuk Gunungkidul

Lokasi Taman Hijau Patuk berada daerah Patuk tepatnya di samping gapura selamat datang kabupaten Gunungkidul. Pengunjung akan melewati taman ini ketika menggunakan jalur utama penghubung antara kota Yogyakarta dengan Wonosari. Tepat setelah melewati kawasan Bukit Bintang pengunjung akan menemui kawasan taman hijau ini.

Taman Hijau Patuk dibangun pada tahun 2013 oleh Kapedal Gunungkidul dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Gunungkidul. Taman ini diresmikan oleh Bupati Gunungkidul bersamaan dengan puncak peringatan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pada tanggal 18 Desemeber 2014.

Gasebo Istirahat Di Taman Hijau Patuk Gunungkidul

Pengguna kendaraan dilarang parkir di tepi jalan sekitar taman karena ada larangan berhenti/parkir dan merupakan tanjakan tajam yang berbahaya.  Area parkir pengunjung Taman Hijau Patuk disediakan pada lahan samping Gapura Selamat Datang Gunungkidul. Kapasitas areaparkir yang disediakan cukup digunakan untuk parkir beberapa kendaraan roda empat dan belasan kendaraan beroda dua. Belum ada petugas parkir dalam parkir taman ini dan pengunjung diharapkan mengamankan kendaraan serta barang bawaanya masing-masing.

Baca Juga  Mie Ayam Tidar, Pilihan Kuliner Mie Ayam Di Pleret Dan Bangunjiwo Bantul

Tangga Di Taman Hijau Patuk Gunungkidul

Pengunjung yang memasuki kawasan Taman Hijau Patuk tidak ditarik biaya sepersen pun alias gratis. Gasebo peristirahatan yang dibangun disamping area parkir menjadi tempat paling favorit pengunjung taman ini untuk bersantai dan melepas lelah. Hanya saja jumlahnya cukup terbatas dan sering orang yang akan menggunakan fasilitas tersebut tidak kebagian tempat. Alternatifnya pengunjung dapat duduk-duduk santai di tempat duduk yang disediakan di samping taman.

Air Mancur Di Taman Hijau Patuk Gunungkidul

Taman bunga dan rumput yang dibangun di samping gapura selamat datang kondisinya tidak luas namun terawat dengan baik. Sepertinya beberapa hari sekali dilakukan perawatan oleh dinas terkait. Diharapakan pengunjung yang datang ke taman ini tetap menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Selain itu pengunjung diharapkan untuk tidak memasuki area rumput taman dan tetap berada di jalan taman yang telah dirancang oleh pembuat taman. Rencana kedepan pemerintah daerah kabupaten Gunungkidul, wilayah perbatasan atau pintu masuk utama menuju wilayah kabupaten Gunungkidul akan dibangun taman sejenis. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Tirta Wahyu:

    woh jalan2 terus iki mas anno? kapan2 bisa touring bareng nih :D

  2. bay:

    lho ini yang pinggir jalan dan ada tulisannya gunungkidul handayani ya
    boleh naik kesana ya?

    • admin:

      Hi Bay, boleh berhenti ditempat yang disediakan mas :-)

Kirim pendapat