Sunrise Purwosari Hills, Alternatif Menikmati Sunrise Candi Borobudur Dari Ketinggian

Sunrise Purwosari Hills, Alternatif Menikmati Sunrise Candi Borobudur Dari Ketinggian
3.3 (65.71%) 7 votes

Sunrise Purwosari Hills (Bukit Purwosari) merupakan salah satu pilihan baru untuk menikmati matahari terbit dan Candi Borobudur dari atas bukit. Sebelumnya wisawatan yang berkunjung ke sekitar Candi Borobudur hanya dibatasi pilihan pada keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Stumbu saja. Warga masyarakat atau desa sekitar yang mengembangkan Bukit Purwosari untuk pariwisata setelah melihat potensi wisata dari atas bukit tersebut yang tidak kalah dengan Bukit Punthuk Stumbu.

Bukit Purwosari atau Sunrise Purwosari Hills dahulu bernama Bukit Cemuris Mas berada di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Merupakan salah satu tempat terbaik menikmati matahari terbit dan Candi Borobudur dari atas bukit.

Pemandangan Matahari Terbit Dari Atas Bukit Purwosari Borobudur

Lokasi Bukit Purwosari Borobudur sebenarnya hanya disebelah Bukit Punthuk Stumbu. Ada tiga cara menuju Bukit Purwosari yang pertama lewat jalan setapak dari Bukit Punthuk Stumbu, lewat jalan setapak dari Gereja Ayam (Bukit Rhema), dan melalui pintu masuk utama Bukit Purwosari) Akses terdekat melalui pintu masuk utama Bukit Purwosari karena tidak harus melewati jalan setapak memutar yang lebih jauh.

Rute termudah menuju Bukit Purwosari Borobudur melalui Jalan Raya Borobudur-Salaman yang berada di samping Candi Borobudur arah Purworejo. Rutenya hampir sama saat menuju Bukit Punthuk Stumbu dari jalan utama dan wisata kuliner Mangut Beong Sehati. Sebelum melewati lapangan tempat TNI-AD dan setelah Warung Mangut Beong Sehati terdapat jalan masuk cor semen masuk ke arah kiri. Ikuti jalan cor semen tersebut hingga ujung yang saat ini sudah bertuliskan Sunrise Bukit Purwosari. Kondisi jalan cor semen cukup baik dan dapat dilalui hingga kendaraan beroda empat.

Kabut Tebal Di Pemukiman Penduduk Di Bawah Bukit Purwosari Borobudur

Waktu paling tepat untuk memulai pendakian Bukit Purwosari Borobudur adalah satu jam sebelum tiba waktu matahari terbit. Pada waktu tersebut diharapkan pengunjung telah tiba di area parkir Bukit Purwosari dan sebelumnya telah memperkirakan lama perjalanan menuju lokasi. Sebelum mendaki Bukit Purwosari, pengunjung dipersilakan mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela untuk pengelolaan wisata.

Pendakian Bukit Purwosari Borobudur cukup menguras tenaga karena kondisi jalur pendakian yang tegak. Namun kondisi jalan sudah cukup baik karena telah dibuat tangga dari tanah, pegangan bambu, dan pos istirahat di beberapa titik. Lampu penerangan pun telah dipasang di beberapa tempat sehingga cukup membantu pengunjung untuk mendaki bukit pada malam hari. Namun demikian diharapkan pengunjung membawa cadangan penerangan seperti senter untuk memperjelas penerangan.

Candi Borobudur Tertutup Kabut Di Bukit Purwosari Borobudur

Keindahan matahari terbit atau sunrise dari puncak Bukit Purwosari Borobudur tidak kalah indah dibandingkan dengan pemandangan dari puncak Bukit Punthuk Setumbu. Hal ini dikarenakan jarak antara keduanya berdekatan dan hanya berbeda puncak bukit saja. Seperti yang kita tahu posisi Bukit Punthuk Stumbu hanya berada di sisi barat daya atau dibelakang Bukit Purwosari.

Pemandangan matahari terbit dari puncak Bukit Purwosari berlatak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pada waktu-waktu tertentu matahari terbit diantara kedua gunung tersebut. Setelah terbitnya matahari perlahan-lahan lautan kabut di dasar bukit menipis dan tampaknya Candi Borobudur dari kejauhan. Namun seringkali kabut yang ada di dasar bukit tidaklah menipis karena kondisinya cukup tebal. Alhasil Candi Borobudur dari kejauhan hanya terlihat samar-samar bahkan sama sekali tidak kelihatan karena tertutup kabut.

Gereja Ayam Saat Pagi Hari Dari Bukit Purwosari Borobudur

Keuntungan lain bila menikmati matahari terbit dari puncak Bukit Purwosari Borobudur adalah dapat langsung menuju daya tarik wisata lain yang ada didekatnya yaitu bangunan Gereja Ayam (Burung). Posisi Gereja Ayam cukup dekat dengan Bukit Purwosari karena letaknya hanya berada di sebuah bukit kecil dibagian bawah. Waktu tempuh menuju Gereja Ayam dari Bukit Purwosari hanya sekitar lima menit saja dibandingkan dari Bukit Punthuk Stumbu menghabiska waktu sekitar duapuluh menit.

Suasana Gardu Pandang Bukit Purwosari Borobudur

Seiring berkembangnya waktu mulai banyak bermunculan lokasi baru untuk menikmati matahari terbit atau sunrise dari atas bukit di sekitar Borobudur. Magnet Punthuk Stumbu sebagai satu-satunya lokasi menikmati matahari terbit dan Candi Borobudur dari atas bukit kian memudar. Sejak dibukanya Bukit Purwosari Borobudur, sebagian wisatawan yang biasanya datang ke Bukit Punthuk Stumbu mulai beralih menuju ke Bukit Purwosari. Sebagian besar dari mereka berangggapan bahwa keindahan alam yang ditampilkan hampir sama dan tiket masuk Bukit Purwosari lebih murah karena diberikan secara sukarela. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Bukit Cemuris Purwosari (Sunrise Purwosari Hills)
Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Retribusi
Tiket Masuk: sukarela
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

PETA

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Lebih bagus fotomu pas pagi daripada foto lampion No. Ngeblur yg malam itu :D

    • admin:

      Hi Mawi Wijna,
      Iya baru nyadar tripod goyang pas ngecek foto dirumah :(

  2. alek:

    saya dah kepurwosari tapi masih sepi enakan

    dipunthuk setumbu dah ada pasar oleh2nya

Kirim pendapat