Sungai Maron, Amazon Dari Pacitan Jawa Timur

Rate this post

Sungai Maron merupakan daya tarik wisata jelajah sungai di Pacitan yang konon disejajarkan dengan Sungai Amazon yang berada di benua Amerika Selatan. Aliran sungai ini bermuara ke sisi timur kawasan Pantai Ngiroboyo. Pengunjung yang berwisata jelajah sungai akan disambut pemandangan indah mulai dari rerimbunan pohon kelapa, tebing karang, hingga aktivitas warga setempat yang berlalu lalang menggunakan perahu.

Sungai Maron terletak di desa Dersono, kecamatan Pringkuku, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Lokasi Sungai Maron berada di sebelah timur dari kawasan Pantai Klayar Pacitan atau tepatnya berada di sebelah timur Pantai Ngiroboyo. Ada dua akses menuju ke sungai ini pertama dari jalur Pantai Klayar ke arah timur dan kedua melewati jalan ke arah barat dari Pantai Watu Karung. Akses jalan dari Pantai Klayar menuju lokasi rusak parah dengan medan jalan naik turun sehingga agak sulit dilalui bila membawa kendaraan beroda empat. Sedangkan dari Pantai Watu Karung akses jalan yang dilalui relatif sudah baik dan landai serta mampu dilewati kendaraan beroda empat hingga minibus.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Sungai Maron dengan menyewa perahu di dermaga kapal yang berada di dekat area parkir wisata. Jarak perjalanan menyusuri Sungai Maron sejauh 4,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Pada tengah-tengah perjalanan menyusuri Sungai Maron, pengunjung akan dihibur dengan pemandangan kebun kelapa di sisi kanan dan kiri sungai.

Akhir perjalanan menyusuri Sungai Maron adalah muara Sungai Maron yang berada di sisi timur dari kawasan Pantai Ngiroboyo. Perahu perlahan-lahan menepi di sisi kanan sungai pada sebuah dermaga kecil. Selanjutnya pengunjung dipersilakan berwisata di kawasan Pantai Ngiroboyo sejenak. Bila sudah puas, perjalanan kembali dilanjutkan dengan menyusuri Sungai Maron kembali hingga tiba di dermaga perahu tempat pengunjung memarkir kendaraannya. (text/foto: annosmile)

-----------

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    syahdu ya mas. itu kena berapa buat sewa?

Kirim pendapat

error: Content is protected !!