Sumber Air Panas Alami Di Kalibening Banjarnegara

Sebuah sumber air panas alami sudah lama ditemukan di dalam area hutan pinus milik Perum Perhutani di sisi selatan ibukota kecamatan Kalibening Banjarnegara. Sumber air panas ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mandi air hangat. Udara pegunungan yang dingin membuat banyak masyarakat berdatangan ke tempat ini ketika pagi hari dan menjelang sore hari. Belum ada kabar rencana pengembangan kawasan ini sebagai tempat wisata.

Sumber air panas alami di daerah Kalibening, Banjarnegara belum dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata pemandian air panas sehingga bila dilihat sekilas mirip sebuah pemandian umum.

Jalan Menuju Sumber Air Panas Kalianget Kalibening

Sumber air panas tersebut dibuat sebuah kolam penampungan yang masih tampak sederhana yang diujung-ujungnya diberi pipa untuk diteruskan menuju bilik-bilik untuk mandi air hangat. Bilik-bilik pemandian itu terbuka dan hanya dibatasi dengan sekat setinggi badan orang dewasa. Penduduk sekitar atau semua orang bebas menggunakan sumber air panas tersebut tanpa di pungut biaya sepersenpun. Hanya bergantian waktu pemakaian antara laki-laki dan wanita.

Saat saya mendatangi sumber mata air tersebut setelah menikmati panorama sunrise dan melihat anak-anak berangkat sekolah, suasana tampak sepi. Tidak terlihat petugas parkir, penjaja makanan, ataupun seseorang yang menarik retribusi seperti yang biasa kami jumpai di setiap obyek wisata. Sampah pun tidak terlihat dihadapan kami. Bau belerang cukup menyengat khas sumber air panas. Kamipun memarkir sepeda motor kami yang letaknya berdekatan dengan bilik, dan memilih bilik untuk mandi air panas. Bilik yang beratapkan langit yang cerah ini membuat kami merasakan tenang dan damai melihat langit yang begitu biru dan pohon pinus yang bejajar rapi mengisi pegunungan yang terlihat didepan kami.

Baca Juga  Tengkleng Bu Harsi Solo Baru, Antara Tengkleng Kambing Dan Tengkleng Sapi

Aliran Sungai Di Bawah Sumber Air Panas Kalianget Kalibening Banjarnegara

Merasakan hangatnya air panas saat tubuh diterpa udara dingin khas pegunungan rasanya sungguh nikmat. Atap bilik langsung berhadapan dengan langit-langit, kita dapat memandang hamparan langit biru yang luas dengan ditemani desiran angin dan kicauan burung.

Kondisi Sumber Air Panas Kalianget Kalibening Banjarnegara

Rasa penasaran melihat pusat keluarnya air panas bumi membuat saya menaiki sebuah gundukan tanah di atas kolam penampungan. Rasa kagum saya muncul melihat pusat sumber air panas yang masih alami belum mengalami pembangunan. Terlihat seperti sebuah genangan air yang mengeluarkan gas panas. Akhirnya perjalanan kami kali ini berakhir yang berlangsung selama 30 hari dan kami kembali pulang ke Jogjakarta.

Ada 22 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ecko:

    Harus sempatkan waktu untuk main ke Kalibening nih.
    Thanks infonya, ini sungguh referensi berharga untuk mencari tempat refhreshing.

  2. suryaden:

    sejuk sekali…
    gambarnya bikin penasaran sekali nih…

  3. marsudiyanto:

    Tempat yang sejuk bersih, sangat kontras dengan suasana kota yang kotor dan pengap…
    Jelajahi Indonesiamu dengan optimis.
    Sukses buta Team Touring…

  4. Chic:

    sumber air panas nya bersih?

    • annosmile:

      bersih dung :)

  5. Balisugar:

    Wah asik mandi air panas gratis lagi.

  6. annosmile:

    air panas kan warnanya agak kecoklatan karena ada kandungan belerang
    klo mata air pegunungan ya bersih dan bening :)

  7. anas:

    selama kuliah di jogja saya blm penah ke kalibening.kalo ke kaliurang sih sering.Pulau jawa emang byk bgt objek menarik nya.
    salam kenal ya dr Banjarmasin.kapan nih ke Kalimantan?byk objek keren juga lho.:)

  8. aRai:

    di daerah garut ada sumber air panas tanpa di pungut biaya juga … kolamnya banyak dimana¬≤ untuk beremdem … palagi buat bersiin daki … xixixi

    kalo orang sunda bilang .. ngaluru

  9. astrid savitri:

    wuiiih…. indahnya!
    bener, kan..daripada kita misuh2 menyesali keadaan politik ekonomi lalu menyalah2kan pihak lain, mendingan kita berfokus buat mengembangkan tempat2 spt itu ya.. kan buat negara juga :)

  10. pecinta Indonesia:

    salam kenal dari orang kalibening diperantauan,
    jadi inget masa kecil dulu ketika mandi di kalianget…

    • annosmile:

      airnya hangat banget :D

  11. zee:

    Sebenarnya banyak daerah di Indonesia ini yg masih alami & bisa dijadikan tempat wisata. Sayang sekali kurang dapat perhatian…

    Klo saja saya punya kolam air hangat seperti itu di belakang rumah :D

    • annosmile:

      moga-moga segera mendapat perhatian pemerintah kabupaten Banjarnegara

  12. ario saja:

    dari poto2nya jadi pengen jalan2 kesana

  13. Andy MSE:

    Gambare keren sekali cah! Percoyo… Kaline memang buening polll…

  14. toro:

    saya asli anak situ.di bawah jurang ada sungai yang banyak batu besar.saya setiap hari s’lalu kesitu.saya anak desa kanoman.siapa yang buat WEB ini.terima kasih.saya dijakarta,ada 45 teman saya yang mau kerumah saya.subhanallah.

    • annosmile:

      Orang sana ya
      Kemarin saya mampir kesana :D

  15. M.fahrl sidik:

    ga ada duanya bos

  16. kaisar:

    trimakasih yang udah buat web ini,kami anak2 kalibenig,udah bisa menikmati web ini`smg bsa bermanfaat,dan dapat memperkenalkan alam pedesaan kalibenig dan obyek wisata kalianget ke nusantara.

  17. chotiem:

    gue anak sampang mengigatkan ku masa msa kecil mandi di sungai ber buru babi hutan main bola di hutan suka madi di kali anget gue udah lama dikota tp desaku selalu mengingatkan ku untuk kembali itulah desaku yg selalu ramah setiap tamu datang……

  18. ely:

    itu alamat lengkapnya dbagian mananya yogya?coz,pngen bgt mandi air panas ni,tp ga tw t4na..tq

Kirim pendapat