Sumber Air dan Air Terjun Ngembel Wonosari

Sumber Air dan Air Terjun Ngembel Wonosari
Rate this post

Daerah Aliran Sungai (DAS) Oyo yang melintasi Kabupaten Gunungkidul ternyata memiliki banyak pesona air terjun yang belum terekspose dan dikembangkan sebagai kawasan wisata. Potensi wisata di daerah aliran Sungai Oyo perlahan-lahan muncul ketika diresmikan wisata Air Terjun Srigethuk yang kemudian disusul daerah lain yang dilewati sungai Oyo. Nama Air Terjun Ngembel atau Tempuran juga berada di tepi Sungai Oyo yang melintas di utara kota Wonosari dan masih sedikit orang yang mengetahui informasi air terjun tersebut.

Sumber air dan air terjun Ngembel (beberapa orang menamakan air Terjun Tempuran) terletak di desa Karangtengah, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul dengan posisi di tepi sungai Oyo.

Ketika mencoba menelusuri keberadaan kawasan air terjun Ngembel, informasi yang saya dapat masih sangat minim. Orang-orang sekitar hanya mengetahui keberadaan Sumber Ngembel atau Sumber Air Ngembel dimana salah satu aliran airnya menuju ke Sungai Oyo dari sebuah tebing. Perjalanan menuju ke tempat ini cukup mudah, kami hanya berpatok pada nama desa tempat air terjun tersebut dan nama Sumber Ngembel. Kemudian ketika tiba di dekat Jembatan Sungai Oyo dan kolam renang, kami memasuki gang dan menyusuri jalan semen hingga tiba di Sumber Ngembel yang letaknya diujung jalan.

Tiba di kawasan Sumber Ngembel, kami langsung melihat kondisi Sumber Ngembel. Ternyata air cukup melimpah di daerah ini dan merupakan bukti bahwa tidak semua wilayah Gunungkidul mengalami kekeringan atau kesulitan air seperti yang banyak dikabarkan di media. Pipa-pipa besar berwarna biru yang dipasang di beberapa titik sumber air disalurkan menuju ke penampungan air yang berada di desa-desa terdekat. Bunyi mesin pompa menderu dan bekerja secara otomatis pagi dan menjelang sore hari.

Sumber Ngembel merupakan salah satu sumber air yang selalu mengalir tanpa dipengaruhi musim di Kabupaten Gunungkidul. Sumber air ini dimanfaatkan penduduk sekitar untuk penyaluran air bersih dimana terpasang pipa-pipa dan pengairan sawah yang terletak disekitarnya.

Kami berjalan menyusuri salah satu aliran air Sumber Ngembel yang berupa selokan kecil yang melewati persawahan. Selokan kecil tersebut merupakan jalur buangan air yang sudah tidak dimanfaatkan lagi oleh pertanian serta sumber air dan diarahkan menuju ke tepi Sungai Oyo. Selokan kecil ini memanjang ke ujung membelah area persawahan milik warga setempat. Saya sempat bertemu dengan para petani yang sedang mengurusi lahan persawahannya.

Ketika tiba di ujung selokan, kami baru menyadari bahwa ujung selokan merupakan tebing yang dibawahnya terdapat sungai besar yang mengalir. Aliran air dari selokan kecil tersebut jatuh ke bawah tebing dengan derasnya. Kami menduga bahwa kami tepat berada di sebelah atas Air Terjun Ngembel.

Dari tempat ini kami belum dapat menikmati pemandangan Air Terjun Ngembel karena kami harus mencari cara untuk menuruni tebing. Kami kesulitan menuruni tebing untuk menikmati air terjun dari sebelah bawah. Kami memilih batuan yang sedikit rendah untuk pijakan menuju ke sebelah bawah air terjun. Beberapa kali kami sempat terperosok tanah yang labil. Cukup wajar mengingat belum terdapat jalan untuk menuju ke sebelah bawah air terjun.

Akhirnya kami tiba di sebelah Air Terjun Ngembel dan menikmati derasnya air terjun dari samping. Sebetulnya posisi lain yang lebih enak untuk menikmati pesona air terjun berada diseberang sungai untuk melihat secara utuh, namun karena sudah terlanjur dan untuk menyeberang harus memutar jauh melewati jembatan membuat kami memutuskan untuk menikmati dari sisi ini saja.

Air Terjun Ngembel sebetulnya cukup berpotensi dikembangkan menjadi kawasan wisata, di dekat kawasan ini juga tersedia kolam renang umum, Sumber Ngembel, telaga Ngembel yang ukurannya kecil, dan wisata pedesaan yang masih asri. Bukan tidak mungkin nantinya pemerintah atau investor yang mau mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan wisata. Namun bila anda suka tantangan cobalah mengunjungi Air Terjun Ngembel. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. airyz:

    kecil ya sepertinya? tp asik juga tuh pemandangannya.

  2. rumputilalang:

    sebenernya dulu sudah sampai tempat ini, tapi curugnya gak ketemu hehehehe…kapan-kapan ke sini lagi dengan cuaca yang bersahabat

  3. mas sugeng:

    Siiiiiiiiiip…..air terjun ngembel ini tempat mandi aqu wakti stm dulu….ketima iti th 1994 -@n……bila badan pegel-2….mandi di bawah air terjun ini pokoknya di jamin seger..sambil menikmati tebing kali oyo…aqu kange. Ma tempat ini smoga lebaran nanti bisa ke sana….semoga twmpat ini nanti menjadi daerah wisata…wslm

Kirim pendapat