Stone Park Turunan Panggang, Wisata Di Ujung Perbukitan Samping Desa

Stone Park Turunan Panggang, Wisata Di Ujung Perbukitan Samping Desa
2 (40%) 1 vote

Stone Park Turunan Panggang merupakan daya tarik wisata alam berupa perbukitan di daerah Panggang Gunungkidul. Keberadaannya belum banyak dikenal karena sedang dikembang menjadi obyek wisata. Daya tarik utama tempat ini ada sebagai tempat menikmati matahari terbit atau sunrise.

Stone Park Turunan (Stonepark) terletak di dusun Turunan, desa Girisuko, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi Stone Park Turunan berada di dalam kawasan Geoforest Turunan yang termasuk dalam salah satu bagian dari Geopark Gunung Sewu. Letaknya berada di bukit sebelah barat Watu Payung Turunan. Rute menuju obyek wisata ini dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Ikuti jalan lurus ke selatan hingga simpangan ke arah Makam Imogiri dan Perbukitan Mangunan. Ambil jalan ke arah kanan kemudian ke arah kiri menuju ke Siluk dan perhatikan papan petunjuk jalan. Sesampai di Siluk, ikuti petunjuk arah menuju ke Panggang Gunungkidul.

Kondisi jalan mulai menanjak menaiki kawasan perbukitan dan melewati Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro. Sebelum tiba di kota kecamatan Panggang ada petunjuk arah menuju ke Watu Payung di sisi kiri. Belok ke arah kiri menyusuri jalan tersebut hingga tiba pada sebuah pemukiman penduduk sebelum Watu Payung Turunan. Pada kiri jalan diantara pemukiman penduduk ada gang jalan ke kiri masuk hingga tiba di ujung jalan dan akhirnya tiba di area parkir Stone Park Turunan. Akses menuju tempat ini baru bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Asal-usul pemberian nama Stone Park atau dalam bahasa Indonesia Taman Batu cukup sederhana dimana di kawasan perbukitan tersebut banyak ditemukan batu karang atau batu kapur. Bebatuan kapur yang berada di sekitar bukit dikumpulkan kemudian ditata dan disusun rapi. Daya tarik utama sementara ini adalah tempat menikmati matahari terbit dari atas bukitdan pemandangan aliran Sungai Oyo (Oya) dibagian bawah bukit ini. Bila diperhatikan dengan jelas menggunakan teropong, bukit seberang terlihat salah satu kawasan wisata di perbukitan Mangunan yaitu Bukit Mojo Gumelan.

Rencananya Stonepark Turunan Panggang akan dikembangkan menjadi wisata pelengkap dan alternatif di Geofprest Turunan yang telah ada sebelumnya yaitu Wisata Watu Payung Turunan. Fasilitas pendukung wisata belum tersedia karena belum dilakukan pembangunan kawasan wisata. Keramaian kawasan ini terlihat pada waktu akhir pekan saja ketika Wisata Watu Payung Turunan penuh wisatawan, sebagian pengunjung lokal yang mengetahuinya pindah ke kawasan ini. Pada hari-hari biasa kawasan ini masih sepi dan penjagaan oleh pengelola hanya dilakukan pada saat matahari terbit hingga menjelang siang hari saja. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Stone Park Turunan
Dusun Turunan, desa Girisuko, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk : *gratis*
Parkir Motor : Rp 3.000,-

Kirim pendapat