Stasiun Tulungagung, Kesan Dan Harapan Dimasa Mendatang

Stasiun Tulungagung, Kesan Dan Harapan Dimasa Mendatang
3 (60%) 1 vote[s]

Stasiun Tulungagung merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada dalam Daerah Operasi (DAOP) VII Madiun dan menjadi salah satu stasiun di dalam wilayah kabupaten Tulungagung. Stasiun ini bukan stasiun besar meskipun menjadi stasiun pemberhentian bagi berbagai jenis kereta api mulai kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Bangunan Stasiun Tulungagung dari luar terlihat seperti stasiun tua meskipun telah bercat modern.

Stasiun Tulungagung (+85 m) adalah stasiun aktif yang beralamat di Jalan Pangeran Antasari 7, kelurahan Kauman, kecamatan Tulungagung, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Stasiun Tulungagung Dari Luar

Lokasi Stasiun Tulungagung berada di wilayah kota Tulungagung bagian utara. Letaknya cukup strategis karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, warung makan, dan tidak jauh dari Alun – Alun Kusuma Wicitra Tulungagung. Akses menuju dan dari Stasiun Tulungagung dapat menggunakan kendaraan sejenis angkot, ojek, atau kendaraan pribadi. Area parkir pun saat ini cukup luas karena telah disediakan lahan parkir di seberang jalan stasiun.

Kondisi Stasiun Tulungagung saat ini telah mengalami banyak pemugaran. Namun pemugaran tidak mengubah struktur bangunan asli stasiun. Perbaikan dan renovasi hanya sebatas pada perubahan warna cat dan desain di dalam ruangan yang ada di dalam bangunan stasiun. Penambahan fasilitas dan kebutuhan fungsi ruang membuat desain di dalam stasiun dirombak total. Hal ini dikarenakan untuk mengikuti zaman dan mengikuti standar stasiun yang ada di Indonesia. Fasilitas yang ada di Stasiun Tulungagung telah sesuai standar yang ada antara lain ruang tunggu penumpang, loket pembelian tiket kereta api, loket pemesanan kereta api, informasi jadwal keberangkatan kereta api, dan mesin cetak tiket kereta api.

Baca Juga  Kopi Bubuk Waris, Kopi Ijo Kemasan Dari Tulungagung

Ruang Pemesanan Tiket Stasiun Tulungagung

Pelayanan Stasiun Tulungagung masih belum sebaik pelayanan di stasiun-stasiun yang lain. Ada beberapa kejanggalan dalam pelayanan Stasiun Tulungagung. Salah satu contohnya, calon penumpang baru diperbolehkan memasuki bagian dalam stasiun sekitar 15 menit sebelum kereta api tiba. Sebelumnya calon penumpang harus menunggu di pintu masuk stasiun. Hal ini sering membuat calon penumpang kesal karena tidak ada tempat duduk yang cukup untuk menunggu dan akan terjadi antrian panjang ketika pintu masuk dibuka.

Masalah lain ketika penumpang turun dari kereta api di Stasiun Tulungagung langsung dipersilakan keluar dari stasiun. Penumpang dilarang petugas Stasiun Tulungagung duduk di kursi dalam stasiun menunggu jemputan. Padahal diluar stasiun tidak disediakan ruang atau tempat duduk tunggu. Apalagi pada malah hari pintu stasiun ditutup dan kondisi disekitar luar stasiun cukup sepi dan gelap. Semoga hal ini dapat menjadi masukkan bagi Stasiun Tulungagung dan pelayanan bisa lebih baik lagi. (text/foto: http://teamtouring.net)

INFORMASI
Stasiun Tulungagung
Jl. Pangeran Antasari 7, kelurahan Kauman, kecamatan Tulungagung, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Kirim pendapat