Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun Tugu Yogyakarta
2.5 (50%) 2 votes

Jika Anda sering bepergian dari dan menuju kota Yogyakarta pasti akrab dengan nama Stasiun Tugu Yogyakarta. Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan salah satu gerbang masuk ke kota Yogyakarta yang terletak di kawasan strategis antara Tugu Yogyakarta dan pusat perbelanjaan Malioboro. Karena lokasinya yang sangat strategis, banyak orang memilih menggunakan transportasi kereta api daripada bus umum untuk menuju ke kota Yogyakarta.

Stasiun Tugu Yogyakarta dioperasikan mulai tanggal 2 Mei 1887 oleh Pemerintah Hindia Belanda bekerjasama dengan Nederlandsch  Indische Spoorweg Maatschaappij (NIS). Sebelumnya diresmikan terlebih dahulu Stasiun Lempuyangan pada tanggal 2 Maret 1872 untuk jalur kereta api Yogyakarta menuju ke Semarang.

Bangunan Utama Stasiun Tugu

Dari Stasiun Tugu Yogyakarta setiap hari ribuan orang datang dan pergi meninggalkan kota Yogyakarta. Mulai dari urusan berwisata, sekedar mengunjungi saudara, menimba ilmu, urusan bisnis, atau pulang kampung. Tidak mengherankan bahwa penumpang yang naik turun di stasiun ini rata-rata membawa barang bawaaan yang cukup banyak. Setiap waktu Stasiun Tugu Yogyakarta tidak pernah sepi penumpang karena kereta datang sewaktu-waktu. Selain itu stasiun Tugu termasuk salah satu stasiun terpadat setelah stasiun kereta api yang berada di ibukota negara.

Stasiun Tugu Yogyakarta bukan merupakan satu-satunya stasiun di Yogyakarta karena masih terdapat sebuah stasiun lagi yang khusus untuk penumpang kereta api kelas ekonomi yaitu Stasiun Lempuyangan. Saat ini Stasiun Tugu Yogyakarta melayani penumpang kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Fasilitas pendukung di area stasiun Tugu Yogyakarta cukup lengkap, mulai dari tempat reservasi tiket, loket pembelian tiket di sisi selatan dan timur, ruang tunggu yang luas, mushola, toilet. minimarket, bahkan cafe dan restoran.

Stasiun Tugu Yogyakarta berada dalam naungan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI merupakan stasiun terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disebelah barat stasiun terdapat percabangan rel kereta api yang telah ditutup yaitu jalur menuju ke Palbapang Bantul dan jalur menuju ke Magelang.

Jalur Pemberhentian Kereta Api

Bangunan Stasiun Tugu Yogyakarta telah beberapa kali mengalami renovasi dan perluasan area stasiun. Namun keaslian bangunan stasiun Tugu Yogyakarta yang pertama kali dibangun pemerintah Belanda masih tampak di sisi sebelah timur dan tengah stasiun. Kondisi ini berbeda jauh dengan stasiun Lempuyangan yang sudah kehilangan ciri dan keasliannya. Suasana masa lampau masih tampak di stasiun Tugu Yogyakarta bila anda memperhatikan  pintu masuk stasiun Tugu Yogyakarta di sisi timur dan area minimarket dan cafe yang terletak di tengah. Tidak mengherankan bila kawasan stasiun Tugu sering digunakan untuk syuting film dan pemotretan oleh perusahaan periklanan.

Saat ini bangunan asli stasiun Tugu Yogyakarta masih dipertahankan ditengah wacana baru untuk membuat stasiun terpadu yang akan menghilangkan seluruh bangunan stasiun. Wacana ini muncul karena jumlah penumpang stasiun yang semakin bertambah setiap bulannya dan kawasan parkir tidak mampu menampung kendaraan yang mengangkut calon penumpang. Harapannya semoga identitas stasiun Tugu tidak dihilangkan bila wacana tersebut menjadi kenyataan. (text: annosmile, foto: ps negoro)

=== Jadwal Kereta Api

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Kucing Dolby:

    postingannya bagus mas :)
    salam kenal yah :)

  2. maurenfitri:

    Hiihi, stasiun kereta itu tempat paling romantis yang pernah ada :p
    Apalagi kalau pas hujaaaan, :p

  3. D Sukmana Adi:

    stasiun tugu bikin keinget jaman kuliah, tiap minggu PP pake Pramex mas

Kirim pendapat