Stasiun Tegal, Penghubung Tiga jalur Kereta Api

Rate this post

Stasiun Tegal (TG) merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada dalam Daerah Operasi (DAOP) IV Semarang. Stasiun ini menghubungkan 2 (dua) jalur kereta api dimana jalur kereta api yang melintasi sisi utara Pulau Jawa dan jalur penghubung kereta api menuju sisi selatan Pulau Jawa. Stasiun ini tergolong stasiun besar yang menjadi pemberhentian bagi berbagai jenis kereta api mulai kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Stasiun ini menjadi pertemuan 3 (tiga) stasiun diantaranya dari arah barat Stasiun Brebes, dari arah selatan Stasiun Slawi, dan dari arah timur Stasiun Larangan.

Stasiun Tegal (+4 m) adalah stasiun aktif yang beralamat di Jalan Semeru No. 16, desa Slerok, kecamatan Tegal Timur, kota Tegal, Jawa Tengah 52125.

Lokasi Stasiun Tegal berada di pusat kota Tegal tepatnya di depan Taman Pancasila Kota Tegal dan Gedung SCS Tegal. Letaknya cukup strategis karena dekat dengan keramaian kota. Akses menuju stasiun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti ojek motor. Area parkir yang tersedia tidak terlalu luas namun cukup untuk menampung kendaraan pengantar dan penjemput penumpang kereta api.

Bangunan Stasiun Tegal merupakan bangunan cagar budaya yang dibangun pada zaman kolonial Belanda. Kondisinya masih dijaga keasliannya walaupun telah mengalami pemugaran. Perbaikan dan renovasi hanya sebatas pada perubahan warna cat dan desain di dalam ruangan yang ada di dalam bangunan stasiun. Sejak awal dibangun, stasiun ini termasuk stasiun vita yang menghubungkan kota-kota di sepanjang utara pulau Jawa. Namun seiring berjalannya waktu, penambahan jalur dilakukan secara bertahap. Saat ini telah dibangun 6 (enam) jalur lintasan rel kereta api di dalam area stasiun. Fasilitas pendukung yang ada di Stasiun Tegal telah sesuai standar yang ada antara lain ruang tunggu penumpang, loket pembelian tiket kereta api, loket pemesanan kereta api, informasi jadwal keberangkatan kereta api, dan mesin cetak tiket kereta api. Pemesanan tiket kereta api dilayani sesuai dengan jam kerja stasiun pada umumnya. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Cara Pembelian Tiket Kereta Api Melalui CITOS
INFORMASI
Stasiun Tegal
Jl. Semeru No. 16, desa Slerok, kecamatan Tegal Timur, kota Tegal, Jawa Tengah 52125

Kirim pendapat