Bekas Stasiun Pangukan

Bekas Stasiun Pangukan
Rate this post

Tidak jauh dari bekas jembatan kereta api Pangukan, terdapat bekas atau tilas lokasi Stasiun Pangukan yang keberadaan bangunannya sudah tidak ditemukan lagi. Sisa-sisa bekas Stasiun Pangukan yang masih terlihat hanyalah sebuah sumur tua yang dipugar di tepi jalan yang dikelilingi oleh taman kota.

Sumur tersebut masih dipertahankan meskipun jarang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar. Menurut perkiraan, bekas bangunan Stasiun Pangukan dibangun disamping sumur tua atau sekarang dibangun sebuah monumen berbentuk segitiga yang bertuliskan “Sleman Sembada”. Bila diurutkan dari jembatan Pangukan, taman yang terdapat di tepi jalan daerah Pangukan merupakan titik bekas jalur kereta api.

Potongan bekas tiang sinyal kereta api atau potongan rel kereta api sudah tidak ditemukan lagi di kawasan taman ini termasuk area bekas stasiun Pangukan. Potongan rel yang masih tersisa hanya terdapat di kawasan pemukiman di sebelah barat Jembatan Pangukan hingga pertigaan yang salah satu sisinya terdapat taman kota. Alur jalur kereta api masih terlihat dengan lengkungan jalan umum yang berbelok secara stabil hingga sebuah pertigaan Jalan Rajiman. (text: annosmile foto: ps negoro)

Kirim pendapat