Bekas Stasiun Palbapang

Bekas Stasiun Palbapang
Rate this post

Rute bekas jalur kereta api dari kota Yogyakarta hingga Bantul tidak berhenti sampai di stasiun Bantul, karena stasiun Bantul hanya merupakan stasiun kecil yang dahulu lebih dikenal dengan nama halte. Jalan yang menikung secara halus mengarah ke ke selatan diperkirakan sebagai jalur rel kereta api untuk menuju ke stasiun berikutnya. Perjalanan kami teruskan ke arah selatan menelusuri jalan tersebut hingga sebelum perempatan lampu merah palbapang tiba-tiba jalur tersebut berbelok.

Bekas Stasiun Palbapang terdapat di kawasan Terminal Bus Palbapang, Bantul.

Saat mendekati perempatan lalu lintas Palbapang, bekas jalur kereta api tersebut tiba-tiba berbelok ke arah kanan dan kami sempat kehilangan arah karena tertutup bangunan pemukiman. Dari Perempatan Palbapang, kami berbelok ke arah Jalan Palbapang-Srandakan untuk mencari posisi stasiun Palbapang karena posisi Stasiun Palbapang tidak jauh dari perempatan tersebut. Akhirnya kami menemukan bekas bangunan stasiun Palbapang di area Terminal Bus Palbapang.

Kondisi bekas stasiun Palbapang cukup terawat dan bersih, tidak terlihat cerat coret di dinding temboknya. Sepertinya bangunan stasiun ini telah dipugar pada tanggal 20 Juli 1990 oleh pemerintah Bantul bersamaan dengan peresmian terminal. Terlihat prasasti peresmian terminal yang tertempel di dinding bangunan stasiun.

Disekitar bangunan stasiun Palbapang sudah tidak terlihat lagi jalur rel yang tampak. Menurut informasi semua potongan rel kereta api sudah diangkut dan dititipkan di Dinas Perairan Bantul. Namun akhirnya kami menemukan beberapa potongan sambungan rel, roda, dan besi tua berbentuk pipa dijadikan monumen kecil di taman bagian tengah terminal Palbapang.

Bekas tiang komunikasi sudah tidak ditemukan di sekitar kawasan ini. Bagian dinding bangunan stasiun bagian belakang yang berbatasan langsung dengan jalan Palbapang-Sradakan dicat iklan salah satu operator seluler sehingga menghilangkan kesan bahwa bangunan tersebut termasuk cagar budaya. Padahal kejadian tersebut merupakan pelanggaran yang bisa dipidanakan. Sepertinya pemerintah perlu kembali meninjau kawasan cagar budaya yang telah dipugar untuk benar-benar dikembalikan seperti semula bangunannya tanpa adanya iklan walaupun telah beralih fungsi.

Rute jalur kereta api yang menghubungkan antara kota Yogyakarta dengan Bantul berakhir di stasiun Palbapang. Meskipun posisinya berada di ujung paling selatan, stasiun Palbapang bukan stasiun tujuan terakhir karena menurut informasi terdapat jalur kereta api ke arah barat menuju ke bekas pabrik gula Sewugalur (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    stasiun yang beralih fungsi jadi terminal.. dulu saya dan temen komunitas kalo nongkrong di salah satu angkringan disini.. :D

Kirim pendapat