Bekas Stasiun Medari

Bekas Stasiun Medari
Rate this post

Setelah stasiun kecil Pangukan, saya menelusuri titik-titik yang dahulu menjadi jalur rel kereta api hingga akhirnya saya sampai ke sebuah bangunan yang diperkirakan bekas Stasiun Medari. Lokasi bekas Stasiun Medari sendiri tidak berada di tepi jalan Raya Yogyakarta-Magelang namun berada diantara kawasan pemukiman padat di samping jalan raya.

Bekas stasiun Medari terletak di dusun Medari, desa Caturharjo, kecamatan Sleman, kabupaten Sleman. Saat ini bangunan bekas stasiun Medari difungsikan sebagai Posyandu dan perpustakaan.

Saya menemukan Stasiun Medari ini ketika menelusuri bekas jalur kereta api yang melewati kawasan pemukiman setelah melewati jembatan kecil yang diperkirakan dahulu merupakan jembatan lintasan kereta api. Meskipun saat ini sudah beralihfungsi menjadi jembatan penyebrangan umum, konstruksi baja yang ada masih tampak terlihat bila dilihat dari samping.

Kondisi Stasiun Medari saat ini telah beralih fungsi menjadi bangunan Posyandu dan perpustakaan desa. Bentuk bangunan telah mengalami banyak perubahan hingga tidak tampak seperti bekas stasiun kereta api yang hampir semua memiliki bentuk arsitektur yang sama atau mirip. Jendela dan pintu sudah diganti dengan baru berikut atap beserta lantai. Namun bila kita teliti memperhatikan, di bagian tembok sebelah atas masih terdapat plakat nama stasiun yang sepertinya dipertahankan keberadaannya. Tidak ditemukan peninggalan lain seperti tiang sinyal dan rel. Meskipun saya memperkirakan potongan rel masih ada walaupun saat ini kondisinya sudah tertimbun semen/beton saat perbaikan jalan perkampungan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat