Stasiun Lempuyangan

Rate this post

Stasiun Lempuyangan merupakan satu dari dua stasiun yang dibangun di kota Yogyakarta. Merupakan stasiun tertua yang dibangun di kota Yogyakarta sebelum stasiun Tugu Yogyakarta dibangun. Saat ini, stasiun Lempuyangan digunakan untuk melayani kereta api kelas ekonomi dan kereta rel disel (KRD) yang beroperasi melewati kota Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan di resmikan pada 2 Maret 1872 oleh pemerintah Hindia Belanda. Peresmian stasiun itu menjadi tonggak hadirnya transportasi kereta api pertama di wilayah Yogyakarta.

Dari arah rumah saya, lokasi stasiun Lempuyangan lebih dekat daripada stasiun Tugu yang saat ini dipergunakan untuk melayani kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Setiap kali saya mengunjungi stasiun Lempuyangan untuk menaiki kereta api selalu ada perubahan yang terjadi pada stasiun ini. Terakhir, di stasiun Lempuyangan dilakukan peninggian jalan penumpang agar sejajar dengan pintu masuk kereta api sehingga para penumpang tidak kerepotan untuk menaiki tangga kereta api.

Memasuki area stasiun Lempuyangan, saya langsung menuju ke loket pembelian tiket kereta api. Antrian pembelian tiket kereta api sudah tidak terlihat lagi semenjak diberlakukan pembelian tiket secara online. Banyak orang yang memilih menggunakan layanan pembelian tiket online ketimbang harus repot mengantri di loket stasiun. Setelah membeli tiket kereta api, saya langsung memasuki ke sebelah dalam stasiun Lempuyangan untuk menunggu kereta api setelah melewati pos pemeriksaan karcis tiket.

Sejarah berdirinya stasiun lempuyangan berawal dari sebuah perusahaan KA Swasta Belanda yang bernama NV Nederlandsch  Indische Spoorweg Maatschaappij atau NISM.

Saat ini seluruh stasiun kereta api tidak melayani tiket peron bagi orang yang tidak menaiki transportasi kereta api. Sehingga yang diperbolehkan masuk ke dalam stasiun hanyalah penumpang yang membawa tiket kereta api. Kali ini saya memasuki stasiun Lempuyangan karena akan menggunakan transportasi kereta rel diesel (KRD) Prambanan Express (Pramex) tujuan Solo Balapan. Meskipun yang diperbolehkan masuk ke dalam stasiun hanyalah penumpang, jumlah kursi penumpang untuk menunggu kereta api belum mencukupi. Banyak penumpang menunggu kereta api dengan berdiri atau duduk di atas lantai. Semoga kedepannya PT KAI dapat menambah dan memperbaiki fasilitas yang terdapat di stasiun khususnya stasiun Lempuyangan ini.

Kondisi stasiun Lempuyangan cukup bersih dan petugas kebersihan cukup tanggap ketika banyak sampah berserakan yang diakibatkan oleh beberapa penumpang yang buang sampah sembarangan. Kedasaran masyarakat akan kebersihan ruang publik maih cukup rendah. Area khusus merokok banyak dimanfaatkan oleh para perokok sambil menghabiskan waktu menunggu kereta api. Akhirnya kereta api yang saya tumpangi datang dan saya segera menaiki kereta api tersebut. (text/foto: annosmile)

=== Jadwal Kereta Api

-----------

Kirim pendapat

error: Content is protected !!