Stasiun Kalisetail Banyuwangi

Stasiun Kalisetail (KSL) merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada dalam Daerah Operasi (DAOP) IX Jember dan menjadi salah satu stasiun di wilayah kabupaten Banyuwangi. Stasiun ini berada diantara Stasiun Sumber Wadung dan Stasiun Temuguruh. Stasiun ini tergolong stasiun kecil atau lebih tepat disebut halte yang menjadi pemberhentian bagi berbagai jenis kereta api mulai kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Stasiun Kalisetail (+272 m) terletak di Jalan Raya Kalisetail No. 11, desa Jambewangi, kecamatan Sempu, kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Asal usul nama stasiun ini berasal dari nama sungai yang letaknya berjarak sekitar 450 meter dari lokasi stasiun.

Stasiun Kalisetail Banyuwangi

Lokasi Stasiun Kalisetail berada di tepi jalan raya Kalisetail Banyuwangi. Letaknya cukup strategis karena disekitarnya banyak berdiri warung, pertokoan, dan pusat niaga lainnya. Akses menuju stasiun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti ojek motor. Area parkir yang tersedia tidak terlalu luas namun cukup untuk menampung kendaraan pengantar dan penjemput penumpang kereta api.

Kondisi bangunan Stasiun Kalisetail Banyuwangi telah mengalami pemugaran walaupun belum ada penambahan bangunan atau ruangan tambahan. Perbaikan dan renovasi hanya sebatas pada perubahan warna cat dan desain di dalam ruangan. Fasilitas yang ada di stasiun ini telah sesuai standar yang ada antara lain ruang tunggu penumpang, loket pembelian tiket kereta api, loket pemesanan kereta api, informasi jadwal keberangkatan kereta api, dan mesin cetak tiket kereta api. Pemesanan tiket kereta api dilayani sesuai dengan jam kerja stasiun pada umumnya.

Baca Juga  Rumah Singgah Backpacker Di Malang

Nama kereta api yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Kalisetail Banyuwangi antara lain

  • Kereta Api Bisnis Eksekutif Mutiara Timur tujuan Surabaya-Banyuwangi
  • Kereta Api Ekonomi Sri Tanjung tujuan Yogyakarta-Surabaya-Banyuwangi
  • Kereta Api Ekonomi Tawang Alun tujuan Malang-Bangil-Banyuwangi
  • Kereta Api Ekonomi Probowangi tujuan Surabaya-Banyuwangi
  • Kereta Api Ekonomi Pandanwangi tujuan Jember-Banyuwangi

Penumpang yang naik turun dari Stasiun Kalisetail Banyuwangi rata-rata yang memiliki tujuan ke daerah Kalisetail, Genteng, Gambiran, Jajag, dan sekitarnya. Wilayah Banyuwangi yang cukup luas membuat banyak dibangun stasiun kecil sebelum memasuki kawasan kota Banyuwangi atau stasiun terakhir yaitu Stasiun Banyuwangi Baru. Arus penumpang yang naik turun dari stasiun ini cukup tinggi untuk ukuran stasiun kecil. Tidak heran bila rute kereta api yang melewati jalur Jember-Banyuwangi ini pasti berhenti sebentar di Stasiun Kalisetail. Apakah Anda pernah naik atau turun kereta api dari stasiun ini? (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Stasiun Kalisetail
Jl. Raya Kalisetail No. 11, desa Jambewangi, kecamatan Sempu, kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur
Telp: (0333) 845102

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alris:

    Banyak stasiun kecil macam ini di daerah Jawa ya. Kayaknya stasiun ini masih warisan jaman Belanda, :)

    salam

    • admin:

      Hi Alris, sepertinya hampir semua stasiun kereta api yang ada merupakan peninggalan Belanda mas :-)

  2. Nano:

    wah,jadi pengen niih main kebanyuwangi.
    karena hampir 20 tahun yang lalu saya main ke banyuwangi,waktu itu masih naik BUS favorit,klo tidak MILA ( jogya-banyuwangi ) yaa AKAZ.klo dari Stasiun kali Stail ini ke Jl.Yosomulya(gambiran ) ada kendaraan umum tidak ya?mohon petunjuknya.

  3. Diana rizqi:

    Saya penumpang dari station kalisetail Tlg pelayanan di perbaiki..hanya karna pembelian tiket pake KK di permasalahkan & di persulit!!sih diminta SIM dll.sampek barang bawaan ketingalan!! Kyak gini sangat merugikan!!

Kirim pendapat