Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Paling Timur Di Pulau Jawa

Rate this post

Stasiun Banyuwangi Baru merupakan stasiun yang letaknya berada paling timur di Pulau Jawa. Letaknya yang dekat dengan pelabuhan penyebrangan Ketapang membuat stasiun ini lebih dikenal dengan nama Stasiun Ketapang. Tidak ada stasiun lagi setelah stasiun kereta api ini meskipun masih ada jalur kereta api beberapa ratusmeter setelahnya.

Stasiun Banyuwangi Baru (BW) atau lebih dikenal dengan Stasiun Ketapang merupakan stasiun yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Stasiun Banyuwangi Baru berada di wilayah DAOP IX Jember. Stasiun ini memiliki ketinggian +7 diatas permukaan air laut.

TeamTouring Di Stasiun Banyuwangi Baru

Lokasi Stasiun Banyuwangi Baru sangat strategis karena berada di tepi Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo (Jalur Pantura) dan beberapa ratus meter dari Pelabuhan Penyebrangan Feri Ketapang. Namun lokasi Stasiun Banyuwangi Baru sedikit menjauh dari pusat kota Banyuwangi atau berjarak ± 10 kilometer di sebelah utara Kota Banyuwangi.

Stasiun Banyuwangi Baru dibuat untuk menghubungkan transportasi kereta api, transportasi darat, dan transportasi penyebrangan feri di Ketapang.

Papan Nama Stasiun Banyuwangi Baru

Stasiun Banyuwangi Baru merupakan pengganti dari Stasiun Banyuwangi (lama) yang saat tidak tidak digunakan atau disebut stasiun nonaktif. Stasiun Banyuwangi Baru mulai beroperasi sejak tahun 1985 dan melayani beberapa trayek kereta api hingga saat ini. Tujuan pemindahan lokasi Stasiun Banyuwangi adalah untuk mendekatkan lokasi transportasi kereta api dengan transportasi kapal penyebrangan dan transportasi umum yang menuju pelabuhan penyebranga.

Bangunan Stasiun Banyuwangi Baru dari luar tidak mencirikan bangunan stasiun kereta api peninggalan Belanda. Arsitekturnya menunjukkan bahwa bangunan stasiun merupakan bangunan yang belum lama dibuat atau dibangun. Belum ada informasi mengenai kapan Stasiun Banyuwangi Baru dibangun dan siapa yang mengarsiteki bangunan stasiun ini.

Pemberhentian Akhir Kereta Api Sri Tanjung Di Stasiun Banyuwangi

Saat ini banyak pengguna jasa kereta api yang memilih tujuan akhir Stasiun Banyuwangi Baru untuk melakukan perjalanan ke Pulau Bali. Dari Stasiun Banyuwangi Baru, sebagian besar diantaranya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus atau mobil jemputan setelah menyebrangi Selat Bali dari Pelabuhan Feri Ketapang.

Potensi Stasiun Banyuwangi Baru cukup besar untuk dikembangkan. Bukan tidak mungkin kedepannya Stasiun Banyuwangi Baru bekerjasama dengan perusahaan bus atau travel untuk mengantarkan langsung pengguna kereta api ke beberapa tempat yang akan mereka kunjungi seperti ke Denpasar atau beberapa kota di Pulau Bali. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Menikmati Secangkir Kopi di Sudut Kota Magetan
INFORMASI
Stasiun Banyuwangi Baru (Ketapang)
Jl. Gatot Subroto No. 36 Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Idah Ceris:

    Oooo, jebul renkarnasi dari stasiun banyuwangi. :D

Kirim pendapat