Stadion Sultan Agung, Stadion Kebanggaan Warga Bantul

Saat ini kabupaten Bantul telah memiliki stadion baru bertaraf internasional yang dibangun tidak jauh dari kota Yogyakarta. Stadion yang diberi nama Stadion Sultan Agung diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X bertepatan saat acara pembukaan PORDA DIY IX-Bantul tanggal 24 Juni 2007.

Stadion Sultan Agung atau sering disebut Stadion Pacar terletak di desa Pacar, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul. Merupakan markas klub sepakbola Persiba Bantul dengan kapasitas 35.000 penonton.

Stadiun Sultan Agung dari depan

Pembangunan Stadion Sultan Agung dilakukan secara bertahap dimulai dari pembangunan lapangan dengan rumput berkualitas tinggi sesuai standar internasional dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas berupa tribun penonton dan fasilitas penunjang yang lain. Dana pembangunan berasal dari APBD Kabupaten Bantul yang dikeluarkan secara bertahap selama beberapa tahun dan diharapkan stadion ini mampu menjadi salah satu kebanggaan warga masyarakat Bantul.

Saat ini pembangunan Stadion Sultan Agung belum selesai sepenuhnya meskipun sudah berulangkali digunakan untuk pertandingan sepakbola dalam kompetisi Liga Indonesia. Pemasangan tribun untuk penonton VIP dan lampu sorot untuk pertandingan malam hari sudah selesai beberapa waktu lalu dan diharapkan fasilitas penunjang yang lain seperti pemasangan kursi penonton, ruang perkantoran, kamar mandi, area parkir, dan sebagainya yang belum terselesaikan segera diselesaikan. Semoga keberadaan Stadion Sultan Agung ini mampu mendongkrak prestasi klub sepakbola Persiba Bantul. Diharapkan para penonton dan warga Bantul turut memelihara stadion dari perilaku pengrusakan stadion yang merugikan dan merusak keindahan bangunan yang baru saja selesai dibangun ini. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat