Pengalaman Naik Sriwijaya Air Jogja-Jakarta

4 (80%) 1 vote

Penerbangan Sriwijaya Air saya pilih untuk menuju ke Jakarta dari kota Yogyakarta. Maskapai ini menyediakan jadwal penerbangan beberapa kali dalam satu hari mulai pagi hari hingga malam hari. Saya memilih penerbangan siang hari karena pada malam hari harus naik pesawat kembali atau sekedar transit beberapa jam di Jakarta.

Proses check-in Sriwijaya Air untuk Penerbangan Domestik (Domestic Flights) dapat dilakukan secara online mulai 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Saya memilih online check-in atau web check-in untuk memilih tempat duduk di dalam pesawat dan menghindari antrian counter maskapai saat check-in secara offline. Pemilihan tempat duduk pesawat dalam penerbangan Sriwijaya Air tidak dipungut biaya tambahan alias gratis. Ikuti petunjuk web check-in sampai selesai dan keesokan harinya tinggal mengeprint atau mencetak boarding pass di counter khusus yang melayani cetak boarding pass saja. Kecuali bila membawa bagasi tetap harus mengantri di counter maskapai Sriwijaya Air untuk memasukkan barang bawaan dan menimbang berat barang tersebut.

Pada jadwal yang telah ditentukan, saya telah tiba di Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta satu jam sebelum pemberangkatan (departure). Terminal penerbangan Sriwijaya Air adalah Terminal B Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta yang merupakan bangunan baru. Saya langsung menuju counter khusus yang melayani cetak boarding pass saja karena tidak membawa bagasi. Setelah mencetak boarding pass, saya langsung masuk ke ruang tunggu penumpang dengan melewati bagian pemeriksaan dan pengecekan tiket serta identitas. Dari ruang tunggu penumpang, saya menunggu waktu penerbangan dan panggilan untuk menaiki pesawat. Penerbangan Sriwijaya Air rute Yogyakarta-Jakarta dari Bandar Udara Internasional Adi Sucipto (JOG) tepat waktu atau sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket penerbangan yaitu pada pukul 11.35 melalui Gate 3.

Penerbangan Sriwijaya Air rute Yogyakarta-Jakarta menurut informasi menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 dengan tempat duduk penumpang berjumlah 189 orang (seat). Seluruh tempat duduk telah disamaratakan menjadi kelas ekonomi (All Economy Class). Kursi penumpang diatur 3 (tiga) di sisi kanan dan 3 (tiga) di sisi kiri badan pesawat. Penerbangan pesawat Sriwijaya Air yang saya naiki menggunakan nomor penerbangan SJ231. Sesuai dengan pilihan tempat duduk saat web check-n, saya memilih tempat duduk di sisi pojok kanan agar bisa melihat pemandangan dari balik jendela.

Pesawat take off dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan disambut dengan pemandangan pagi yang cerah dari ketinggian. Pada pertengahan perjalanan, penumpang pesawat mendapatkan snack atau makanan ringan yang terdiri dari air mineral gelas berukuran 200ml dan biskuit cookies. Pesawat melayang diatas udara kurang lebih sekitar 50 menit dan perlahan-lahan mengurangi ketinggiannya. Pesawat Sriwijaya Air yang saya naiki mendarat dengan mulus di Bandar Udara Soekarno-Hatta (Cengkareng/CGK). Pintu keluar penumpang pesawat Sriwijaya Air yang saya naiki melalui Terminal 2F Bandar Udara Soekarno-Hatta. (text/foto: annosmile)