8 Lokasi Menikmati Senja Terbaik Di Sleman

Berikut lokasi menikmati matahari terbenam atau spot sunset yang berada di sekitar kabupaten Sleman antara lain :

1. Candi Prambanan

Senja Dari Kompleks Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di wilayah kabupaten Sleman DI Yogyakarta yang berbatasan dengan kabupaten Klaten provinsi Jawa Tengah. Secara administratif berada di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Candi prambanan ini merupakan destinasi wisata utama di daerah Yogyakarta. Bahkan ada yang bilang belum ke Yogyakarta kalau belum mampir di kompleks candi ini. Candi Prambanan cukup menarik sebagai tempat menikmati matahari terbenam walaupun tidak terletak diatas perbukitan.

2. Kraton Ratu Boko

Senja Dari Kompleks Kraton Ratu Boko

Kraton Ratu Boko merupakan tempat paling favorit untuk menikmati matahari terbenam diantara candi-candi lain di sekitar Yogyakarta. Secara administratif terletak di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Kompleks Kraton Ratu Boko sangat luas namun sebagian hanya tersisa bagian altar atau pelataran saja. Lokasi paling indah untuk menikmati matahari terbenam atau sunset berada pada bagian depan kawasan Kraton Ratu Boko pada gapura yang berada di dekat tebing.

3. Candi Barong

Siluet Kompleks Candi Barong

Candi Barong merupakan candi peninggalan zaman kerajaan Hindu-Budhha. Secara administratif terletak di dusun Candisari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Letak Candi Barong sebenarnya hanya dibelakang Komplek Kraton Ratu Boko namun untuk menuju ke tempat tersebut harus memutar melewati jalan kecil di belakang Stasiun Prambanan.

Baca Juga  3 Potensi Wisata Air Terjun Di Brebes

Baca artikel selengkapnya di Senja Tak Sempurna di Candi Barong Sleman

4. Candi Ijo

Pengunjung Menikmati Sunset di Candi Ijo

Candi Ijo merupakan kawasan candi yang letaknya paling tinggi diantara candi-candi lain di wilayah kabupaten Sleman. Secara administratif terletak di dusun Candisari, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Kompleks Candi Ijo cukup luas dan terdapat beberapa tingkatan candi. Namun saat ini yang dapat dinikmati adalah kompleks candi yang terletak paling atas karena terdapat satu candi induk dan tiga candi perwara yang kondisinya sudah dipugar dan berdiri secara utuh. Selain itu pemandangan dari atas perbukitan juga tampak dari kawasan candi ini.

Baca artikel selengkapnya di Candi Ijo, Antara Situs Purbakala dan Lokasi Menikmati Senja

5. Bukit Teletubbies Domes View

Papan Tulisan Di Bukit Teletubies Domes View Sleman

Bukit Teletubbies Domes View merupakan daya tarik wisata alam perbukitan di kawasan Desa Wisata Rumah Domes Sleman. Pemandangan dari bukit ini hampir sama dengan kawasan Candi Ijo karena posisinya berdekatan. Secara administratif terletak di erletak di dusun Nglepen, desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Baca artikel selengkapnya di Senja Dari Bukit Teletubbies Domes View Sleman

6. Candi Abang

Pemandangan Matahari Terbenam Di Candi Abang Sleman

Candi Abang yang tersembunyi diatas sebuah bukit kecil lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbiesnya Jogja. Secara administratif terletak di dusun Candiabang, desa Jogotirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman. Kondisi Candi Abang saat ini sudah tidak terlihat seperti bangunan candi karena batu bata penyusun candi telah lapuk dan dipenuhi rerumputan. Bentuknya seperti gundukan tanah berwarna hijau sering dikaitkan dengan pemandangan bukit dalam film Teletubbies.

Baca Juga  Pantai Watu Bolong Gunungkidul, Batu Unik Di Samping Pantai Watu Lumbung

Baca artikel selengkapnya di Keindahan Senja Di Candi Abang atau Bukit Teletubbiesnya Jogja

7. Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    Candi Ijo itu memang favorit..
    oya tambahan mas.. masih ada lagi “Tebing Breksi” dan “Embung Tambakboyo” yang lumayan syahdu sebagai pilihan..

Kirim pendapat