Spot Riyadi, Melihat Pemandangan Candi Prambanan Dari Atas Bukit

Spot Riyadi, Melihat Pemandangan Candi Prambanan Dari Atas Bukit
3 (60%) 7 votes

Spot Riyadi Prambanan merupakan salah satu tempat menikmati pemandangan Candi Prambanan dari atas bukit seperti Candi Borobudur dengan Bukit Punthuk Setumbunya. Keberadaannya mulai dikenal oleh para pecinta dan penghibi fotografi sebagai lokasi berburu kabut pagi dari atas perbukitan dan gemerlapnya lampu Candi Prambanan pada malam hari. Tidak heran bila tempat ini mulai dikenal sebagai Punthuk Setumbunya Candi Prambanan karena memiliki daya tarik yang cukup menarik.

Titik pandang (spot view) perbukitan Prambanan terletak di dusun Sumberwatu, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Merupakan tempat dimana untuk melihat pemandangan Candi Prambanan dari atas bukit dan pemandangan Gunung Merapi dari sisi tenggara.

Memarkir Motor Di Kawasan Spot Riyadi Prambanan Sleman

Lokasi Spot Riyadi berada didekat kawasan peristirahatan atau resort yang dikenal dengan nama Sumberwatu Heritage Resort (SWH) dan Abhayagiri Restaurant. Rute menuju spot pemandangan ini dari pusat kota Yogyakarta ke timur menuju arah Candi Prambanan melewati jalan Jogja-Solo. Pada gapura perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah ada jalan kecil ke kanan dan belok ke jalan tersebut. Namun pengunjung tidak dapat langsung berbelok karena harus memutar balik pada persimpangan dekat pintu masuk Taman Wisata Candi Prambanan. Ikuti jalan kecil tersebut yang mengarah ke Sumberwatu Heritage Resort dan Candi Barong yang berada di atas perbukitan. Selama perjalanan akan melewati area pemukiman penduduk dan perlahan-lahan kondisi jalan mulai menanjak. Sesampai di area Sumberwatu Heritage Resort ada dua pilihan jalan menuju ke Spot Riyadi, pertama jalan cor semen menanjak di samping Sumberwatu Heritage Resort dikhususkan untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Sedangkan kendaraan beroda empat melalui perempatan kecil sebelum Candi Barong kemudian belok ke kiri melewati jalan cor semen. Rute akses jalan untuk kendaraan roda empat ini sama seperti rute menuju Situs Arca Ganesha Dawangsari. Kedua jalan tersebut bertemu di perempatan kecil yang terdapat pos ronda, ikuti petunjuk arah menuju Spot Riyadi hingga lokasi.

Baca Juga  Menikmati Suasana Tempoe Doeloe di Warung Sido Semi Kotagede

Bongkahan Batu Di Spot Riyadi Prambanan Sleman

Spot Riyadi Prambanan sebenarnya adalah spot atau titik melihat pemandangan Candi Prambanan dari kejauhan dan ketinggian dipadukan dengan latar Gunung Merapi pada bagian belakangnya. Titik ini berada di depan halaman rumah Pak Riyadi yang berada di perbukitan Sambirejo Prambanan. Untuk mempermudah memberikan nama pada titik tersebut digunakanlah nama pemilik rumah yang ada didekatnya yaitu Riyadi. Posisi pemandangan Spot Riyadi menghadap ke arah utara atau arah Gunung Merapi sehingga cocok digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Namun momen sunset dan sunrise tersebut hanya dapat dinikmati ketika posisi matahari berada di sebelah utara khatulistiwa. Selain itu tempat ini cukup menarik digunakan untuk melihat kabut pagi dari atas ketinggian atau gemerlapnya lampu malam hari seperti kawasan Bukit Bintang Gunungkidul. Tidak heran bila spot ini juga dikenal sebagai Bukit Bintang Prambanan atau Bukit Bintangnya Sleman.

Saya langsung bergegas menuju tepi bukit untuk melihat pemandangan alam dari atas perbukitan Prambanan. Tampak pemandangan dari atas bukit yang letaknya lebih tinggi dibandingkan dengan tepi jalan depan Sumberwatu Heritage yang sebelumnya kami singgahi.

Hamparan persawahan yang terlihat luas dibagian bawah mendominasi pemandangan alam dari tempat ini. Garis-garis yang terlihat kecil dari jauh merupakan jalan umum yang melintas diantara persawahan. Kendaraan roda empat atau lebih tampak cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Komposisi petak sawah yang bergaris-garis terlihat unik dan menarik untuk diamati ataupun diambil gambarnya.

Pemandangan ke Arah Utara Dari Spot Riyadi Prambanan Sleman

Cukup disayangkan Gunung Merapi yang seharusnya terlihat jelas dari perbukitan Prambanan saat itu sedang mendung atau tertutup kabut. Bila datang ke tempat ini saat cuaca cerah, pemandangan dari tempat ini akan terlihat lebih indah dan menarik. Saat datang pagi hari, kitavbisa menikmati pesona matahari terbit dengan bonus melihat Gunung Merapi secara utuh. Karena seringkali Gunung Merapi tertutup kabut atau awan saat hari menjelang siang. Selain itu dari tempat ini juga dapat melihat Kompleks Candi Prambanan dari atas bukit. Kondisi semacam ini mengingatkan kami terhadap Bukit Punthuk Stumbu yang dekat dengan Candi Borobudur Magelang.

Baca Juga  Mie Ayam Spesial Sendowo Sleman, Mie Porsi Jumbo Bonus Bakso Goreng

Pemandangan Candi Prambanan Dari Atas Spot Riyadi Sleman

Meskipun bukan merupakan tempat wisata, tepi perbukitan Prambanan yang dikenal dengan nama bukit Candi Barong atau Sumberwatu ini merupakan kawasan yang menarik dikunjungi untuk melihat pemandangan Gunung Merapi dan Candi Prambanan dari atas bukit. Bahkan sekelompok fotografer menamai kawasan ini dengan nama “Spot Riyadi” dan saat ini cukup terkenal di dunia maya semacam facebook.

Saat ini kawasan Spot Riyadi Prambanan mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata kecil-kecilan. Pak Riyadi membangun halaman rumahnya sebagai lokasi parkir pengunjung dan membuka warung makanan dan minuman di samping rumahnya. Jumlah pengunjung makin hari makin bertambah seiring dengan kepopuleran kawasan ini. Secara keseluruhan Spot Riyadi Prambanan dalam menjadi lokasi wisata alternatif yang murah meriah serta dapat menikmati pemandangan dari atas perbukitan dengan obyek utama Candi Prambanan dan Gunung Merapi. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Spot Riyadi
Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: -
Parkir Mobil: -

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. sutopo:

    wah mantab juga pemandangannya..
    joss gandoss pokoknya

  2. Nasirullah Sitam:

    Pokoknya secepatnya harus ke sini :-D
    Dekat dari kos :-D

  3. Hermawan:

    waduh.. surga bener ini tempat.. kapan bisa ke sini ya

    • admin:

      Hi Hermawan,
      Silakan dikunjungi lokasinya cukup dekat dari Yogyakarta :-)

Kirim pendapat