Soto Tan Proyek, Kuliner Soto Legendaris Dari Gunungkidul

Soto Tan Proyek merupakan legenda kuliner soto yang berada di wilayah Gunungkidul. Pada awalnya warung soto ini bernama warung soto Murni. Karena letaknya berada di sebelah timur (jawa: wetan) kantor Dinas PU (Pekerjaan Umum) maka lebih dikenal dengan nama Wetan Proyek. Walaupun saat ini kantor Dinas PU tersebut telah pindah, nama “tan proyek” tetap melekat pada warung soto tersebut hingga sekarang. Cita rasanya yang unik segar membuat penikmat soto tergoda untuk mampir di warung ini.

Soto Tan Proyek terletak di Jl. Wonosari Yogya Km. 4 Logandeng, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Warung soto ini pertama kali membuka dagangannya pada kisaran tahun 1980.

Bangunan Warung Soto Tan Proyek Gunungkidul

Lokasi Soto Tan Proyek berada di tepi jalan raya penghubung antara kota Yogyakarta dengan kota Wonosari tepatnya di daerah Logandeng. Pengunjung tidak kesulitan menemukan warung ini karena berada di tepi jalan besar atau jalan utama yang mudah diakses. hanya saja warung ini tidak luas dan tidak menyediakan area parkir untuk kendaraan beroda empat. Namun pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat masih bisa memarkir kendaraan di tepi jalan raya.

Penyajian soto ayam kampung khas Gunungkidul di warung Soto Tan Proyek disajikan dengan mangkuk berukuran sedang. Kuah soto yang terlihat hampir memenuhi permukaan mangkok terlihat berwarna bening dan segar mirip seperti soto khas Yogyakarta. Komposisi penyusun soto pun terlihat pas seperti adanya potongan daging ayam kampung, tauge, sledri, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Hal yang tidak terlihat pada komposisi penyusun soto di warung ini adalah keberadaan soun. Tidak diketahui alasannya apakah warung ini tidak menggunakan soun atau memang soto khas Gunungkidul tidak menggunakan soun sebagai bahan penyusun soto. Namun bagi saya pribadi tidak mempermasalahkan karena masing-masing tempat memiliki keunikan bentuk dan rasa sendiri-sendiri.

Baca Juga  Mie Ayam Popeye, Keunikan Mie Ayam Bayam Racikan Pak Surami Bantul

Semangkuk Soto Tan Proyek Gunungkidul

Saat mencicipi kuahnya, terasa cita rasa yang gurih khas kaldu ayam kampung, sedikit manis, dan segar. Adanya rasa segar disebabkan penambahan potongan tomat pada sajian soto serta penambahan perasan jeruk nipis. Hidangan pendamping yang disajikan warung soto ini antara lain tempe goreng, lenthok, dan potongan daging ayam goreng (paha, dada). Untuk sate ayam sebagai hidangan pendamping soto yang sering kita temui di warung soto sekitar Yogyakarta tidak ditemukan di warung ini.

Secara keseluruhan Soto Tan Proyek Gunungkidul cocok menjadi pilihan wisata kuliner di Gunungkidul dan menjadi pilihan utama untuk sarapan sebelum berangkat menuju ke obyek wisata di wilayah Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Tan Proyek
Jl. Wonosari Yogya Km. 4 Logandeng, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d habis

Ada 11 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jarwadi:

    ini soto yang paling enak menurut saya mas

  2. Alris:

    Wah soto bening asik nih. Boleh jadi tujuan kuliner kalau ke Gunung Kidul.
    salam

  3. Akhmad Muhaimin Azzet:

    Waah… kalau ke Gunungkidul layak dicoba ini :)

  4. fanny fristhika nila:

    ga ush diraguin lagi lah kalo soto di daerah jogja dan solo.. belum prnh ngerasain yang ga enak kalo aku :D.. tapi nama soto yg ini unik ya… krn ada kata2 proyek nya itu kali ;D

    dari penampakan sotonya udh kliatan emg enak mas ;)

  5. sumarno:

    pernah nyicipin soto di jogja, tapi bukan yang ini :D

  6. kholis:

    wah uenak tenan itu bos, jadi pengen coba

  7. bersapedahan:

    hmmm .. begitu menggoda
    saya suka banget sama per-soto-an ..

  8. pest control apartemen:

    keliatannya enak bgt paaak. berapa itu harga seporsinya?

  9. Gps Tracking:

    Soto Tan Proyek sangat menarik untuk dicoba. Tapi tempatnya jauh dari tempat saya nih..

  10. Aqied:

    Aku beberapa kali kesiniii.

    • admin:

      Hi Aqied,
      Sudah langganan berarti ya :-)

Kirim pendapat