Soto Sutri, Salah Satu Legenda Kuliner Soto Sokaraja Banyumas

Bila berbicara nama Banyumas, sebagian besar orang pasti akan menyebut kawasan wisata Baturaden sebagai wisata andalan dan makanan gethuk goreng sebagai oleh-oleh sekitar Banyumas atau tepatnya dari Sokaraja. Khusus daerah yang disebutkan terakhir yaitu Sokaraja, ada pesona kuliner menarik yang sering terlewatkan para wisatawan ketika berkunjung ke Sokaraja. Namanya adalah Soto Sokaraja dan saat ini telah menjadi daya tarik kuliner di Sokaraja atau disekitar kabupaten Banyumas.

Warung Soto Sutri merupakan warung yang menyajikan hidangan soto khas Sokaraja. Warung ini berada di Jl. Pramuka RT 3 RW 1 Sokaraja, kabupaten Banyumas. Warung ini buka mulai pukul 09.00 hingga habis saat menjelang sore atau sekitar pukul 15.00.

Warung Soto Sutri 2 Banyumas

Saat ini keberadaan warung atau restoran yang menjual Soto Sokaraja banyak ditemui di sekitar Banyumas, daerah Sokaraja sendiri, bahkan di beberapa kabupaten yang ada didekatnya. Khususnya di daerah Sokaraja sendiri, terdapat warung Soto Sokaraja yang cukup legendaris dan menjadi jujugan pecinta kuliner yang kebetulan sedang datang ke kabupaten Banyumas. Namanya Soto Sutri dan hanya menjual satu-satunye menu utama yaitu Soto Sokaraja.

Kami memulai perjalanan dari kota Purwokerto yang letaknya tidak jauh dari Sokaraja dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, cukup singkat bukan. Lokasi warung ini sedikit tersembunyi dari jalan raya karena berada di gang sempit. Namun begitu tiba di lokasi, tampak area parkir kendaraan di warung Soto Sutri yang hampir penuh. Kendaraan kami parkir di tempat yang telah disediakan dan kami langsung memasuki warung untuk mencari meja kursi yang masih kosong untuk tempat duduk kami.

Baca Juga  Reruntuhan Candi Sidomukti Semarang Yang Terbengkalai

Meracik Soto Sokaraja Di Warung Soto Sutri

Kami langsung memesan menu utama warung Soto Sutri yaitu soto khas Sokaraja dan tidak lama kemudian beberapa mangkuk soto tersaji di meja kami. Pelayan warung ini cukup cekatan dalam melayani setiap pengunjung yang datang ke warung ini. Soto Sokaraja ini disajikan secara segar dimana bahan penyusun soto diracik terlebih dahulu di dalam mangkok kemudian disiram kuah soto dan diberikan taburan beberapa bahan pelengkap.

Dalam semangkuk Soto Sokaraja terdiri dari potongan ketupat, potongan daging sapi, potongan daun bawang (loncang), tauge, seledri, bawang merah goreng, dan taburan krupuk kecil yang berwarna-warni. Kami baru tahu bahwa Soto Sokaraja tidak menggunakan nasi seperti soto pada umumnya akan tetapi menggunakan ketupat. Meskipun antara ketupat dan nasi sama-sama berasal dari beras, namun bentuk ketupat memberikan kesan berbeda dalam penyajian soto.

Semangkuk Soto Sokaraja Khas Warung Soto Sutri

Cara menikmati Soto Sokaraja pun sedikit berbeda daripada soto pada umumnya. Soto Sokaraja ini dinikmati dengan menggunakan saus kacang yang disertakan dalam penyajian soto. Saus kacang ini sebagai pengganti sambal cabe yang kita temui pada hidangan soto biasa. Saus kacang ini dibuat dari kacang tanah yang telah digoreng kemudian ditumbuk dan dicampur dengan cabe. Meskipun ada kemiripan bentuk dengan sambal pecel, saus kacang ini berbeda jauh dengan sambal pecel tersebut. Sedikit yang kami tahu, keberadaan saus kacang ini menjadi salah satu ciri yang membedakan antara Soto Sokaraja dengan soto yang lain.

Saat mencicipi kuah Soto Sokaraja, kesan pertama adalah soto dengan rasa gurih, sedikit asin, dan tidak lupa rasa dari bumbu khas Soto Sokaraja. Kuah soto ini terlihat bening karena berasal dari kaldu daging sapi asli dan tidak ada tambahan air santan seperti soto khas Jakarta atau khas Jawa Timur. Tidak ketinggalan kami mencampurkan sedikit saus kacang untuk melengkapi daya tarik rasa Soto Skaraja yang unik ini. Campuran kuah Soto Sokaraja dengan saus kacang memberikan rasa yang unik dan belum pernah kami temui saat menikmati kuliner soto.

Baca Juga  Daftar Nama dan Alamat Pura Di Wonogiri

Sambal Kacang Khas Soto Sokaraja Warung Soto Sutri

Potongan daging sapi yang bebas lemak dan berukuran besar membuat kami semakin lahap menikmati Soto Sokaraja. Disamping itu, di meja makan disediakan tempe mendoan dan krupuk sebagai makanan pendamping dalam menikmati soto. Soto Sokaraja yang unik ini memang membuat kita nagih untuk nambah satu porsi lagi bila sedang kelaparan berat. Penyajian, daya tarik, dan rasa Soto Sokaraja di warung Soto Sutri yang tidak mengecewakan ini membuat kami memasukkan warung ini menjadi salah satu kuliner wajib dicicipi saat mampir di Banyumas.

Secara keseluruhan Soto Sokaraya menarik untuk dicicipi karena keunikan rasanya yang lain daripada yang lain. Keberadaan Soto Sutri yang menyajikan kuliner Soto Sokaraja sejak puluhan tahun lalu memberikan warna wisata kuliner di Banyumas dan sekitarnya. Bila anda mampir di kabupaten Banyumas dan sekitarnya, cobalah mampir untuk menikmati sensasi rasa Soto Sokaraja yang unik ini. Harga yang ditawarkan tergolong murah dan sesuai dengan rasa yang diinginkan. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Estiko:

    Sepertinya kapan2 mesti diajak kuliner Banyumas lagi. Masih ada Sroto selain Soto di Banyumas… :D

Kirim pendapat