Soto Sumuk Pak Wongso Yogyakarta

Soto Sumuk Pak Wongso merupakan salah satu warung soto daging sapi yang cukup legendaris di pusat kota Yogyakarta. Konon usaha jualan soto ini telah berdiri sejak tahun 1955 atau hampir 70 tahun yang lalu. Usia jualan ini hampir satu generasi dengan Warung Soto Pak Marto yang berdiri pada kisaran tahun 1960-an. Saat ini usaha warung soto dilanjutnya oleh istrinya Pak Wongso yang bernama Bu Ngatini. Warung ini buka dari pagi hingga siang hari.

Warung Soto Sumuk Pak Wongso beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 57, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55224.

Lokasi Warung Soto Sumuk Pak Wongso di tepi jalan Jendral Sudiman Yogyakarta. Area parkir tidak tersedia di warung ini namun pengunjung dapat menumpang parkir di area parkir Mc Donald Sudirman yang ada di seberang jalan.

Penyajian menu soto di Warung Soto Sumuk Pak Wongso menggunakan mangkuk tanggung dengan porsi yang pas untuk sarapan pagi. Komposisi penyusun soto daging sapi di warung ini terdiri dari nasi putih, tauge (kecambah), seledri, irisan kubis, irisan daging sapi, dan taburan bawang goreng. Cita rasa soto daging sapi atau soto campur cenderung gurih dengan kombinasi rasa manis dan asin yang berimbang. Bagi penikmati sajian soto ada sedikit perbedaan antara sajian soto daging sapi di warung ini dengan soto daging sapi khas Tamansari seperti Soto Pak Marto dan Soto Bu Cip. Penggunaan menyedap rasa hampir tidak terlihat karena penjual lebih menguatkan rasa dengan kaldu daging sapi yang asli. Bila lauk terasa kurang disediakan daging empal sapi, perkedel, gorengan, dan kerupuk.

Baca Juga  Air Terjun Kedung Pedut, Waterpark Alami Di Kulon Progo

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan tergolong standar untuk ukuran soto daging sapi di pusat kota Yogyakarta. Secara keseluruhan Warung Soto Sumuk Pak Wongso dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner legendaris khususnya soto di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Soto Sumuk Pak Wongso
Jl. Jendral Sudirman No. 57, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55224

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.30 s/d 14.30 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Slow_down:

    mas sayang sekali, ini blognya ngga ada tanggalnya.

  2. mila:

    annoooo..

  3. Seneng Dolan:

    Pernah makan disitu dan rasanya enak :D
    Ndak tau kenapa namanya soto sumuk…
    …mungkin karena kalo makan di dalam warung jadi sumuk/gerah hahaa

Kirim pendapat