Soto Sewu Bantul, Kuliner Soto Termurah Dengan Cita Rasa Unik

Soto Sewu merupakan daya tarik kuliner soto termurah di sekitar Bantul dan Yogyakarta. Cita rasa yang ditawarkan pun cukup unik karena penyajiannya mirip seperti soto khas Jawa Timur namun tetap menjaga cita rasa soto khas Bantul. Keberadaan cukup dikenal oleh anak muda karena lingkungan sekitar menjadi tempat tinggal para mahasiswa dan letaknya dekat dengan kampus swasta bernama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Warung Makan Soto Sewu Bu Marto Ngatinah beralamat di dusun Rukeman, desa Tamantirto, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Warung Soto Sewu Bantul Dari Depan

Lokasi Warung Soto Sewu berada di dekat Jalan Ringroad Barat Yogyakarta atau depan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Rute menuju warung soto ini dari arah utara Jalan Ringroad Barat Gamping ke arah selatan. Sebelum melewati UMY pilihlah lajur jalur lambat dan kurangi kecepatan. Ketika menemui pertigaan kecil dekat minimarket ambilah jalan ke arah kiri.

Sejarah Warung Soto Sewu berdiri pada tahun 1993 oleh Mbah Marto Ngatinah. Nama “sewu” disematkan pada warung ini karena menggunakan harga seribu rupiah untuk seporsi soto dalam kurun waktu yang cukup lama.

Dapur Warung Soto Sewu Bantul

Menu utama yang ditawarkan oleh Warung Soto Sewu adalah soto ayam. Selain itu warung ini juga menyediakan nasi rames dengan bermacam-macam sayur dan lauk.

Baca Juga  Pemotongan Ayam Di RPA Pasar Terban Yogyakarta

Ada dua pilihan tempat duduk yang disediakan pemilik Warung Soto Sewu, pertama duduk di meja kursi di bangunan warung dan kedua duduk secara lesehan di halaman belakang warung.

Tempat Duduk Pengunjung Warung Soto Sewu Bantul

Soto ayam sajian Warung Soto Sewu berbeda dengan soto ayam khas Jogja atau soto khas Bantul pada umumnya. Penyajian soto ini menggunakan taburan koya yang terbuat dari parutan kelapa seperti soto-soto dari Jawa Timur. Selengkapnya penyajian soto dari warung ini yaitu nasi ditaruh paling dasar pada mangkok kemudian diatasnya diberi kobis, tauge, daging ayam suwir, daun seledri, dan taburan bawang goreng. Kuah soto yang dimasak dalam panci besar diisi dengan potongan daun loncang dan tomat yang disertakan dalam seporsi soto.

Cita rasa soto ayam yang ditawarkan Warung Soto Sewu cukup unik karena merupakan kombinasi antara soto khas Bantul dengan soto dari Jawa Timur. Rasa asin, manis, gurih, dan sedikit asan bercampur menjadi satu dan berimbang. Bumbu rempah yang digunakan pada kuah memiliki kemiripan dengan bumbu rempah yang digunakan soto khas Tulungagung (Jawa Timur). Penggunaan penyedap rasa buatan cukup sedikit dan tidak terasa dilidah. Hal ini cocok bagi penikmat makanan yang menghindari penyedap rasa buatan.

Soto Ayam Khas Warung Soto Sewu Bantul

Soto ayam khas Warung Soto Sewu ini menarik dinikmati dengan gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, dan bakwan goreng. Selain itu ada beberapa hidangan pendamping lain seperti kepala ayam dan aneka jenis krupuk.

Baca Juga  Taman Mural Kolong Jembatan Layang Lempuyangan

Harga soto ayam khas Warung Soto Sewu ini sudah tidab sewu atau seribu rupiah lagi. Namun harganya tergolong sangat murah dengan harga sekitar Rp 3.000,- per porsi. Bila dibandingkan harga soto warung kakilima yang sudah mencapai harga lebih dari Rp 7.000,-. Menurut pemilik warung dengan harga segitu sudah memberikan untung yang lumayan. jadi dapat disimpulkan bahwa usaha kuliner soto memberikan laba atau keuntungan yang cukup besar. Ada yang lebih murah dari warung soto ini di sekitar Yogyakarta??? (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Warung Makan Soto Sewu Bu Marto Ngatinah
Dusun Rukeman, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 13.00 WIB (habis)

Kirim pendapat