Soto Seger Mbok Giyem, Pesona Kuliner Baru di Boyolali

Soto Seger Mbok Giyem, Pesona Kuliner Baru di Boyolali
2 (40%) 1 vote[s]

Soto Seger Mbok Giyem merupakan daya tarik kuliner soto khas Boyolali Jawa Tengah. Cita rasa soto khas Boyolali yang ditawarkan hampir memiliki kemiripan dengan cita rasa soto khas Solo dan sajian sop ayam khas Klaten. Saat ini, warung soto ini dikembangkan sebagai franchise dan telah membuka puluhan cabang di berbagai kota di pulau Jawa.

Soto Seger Mbok Giyem merupakan pesona kuliner baru dari Boyolali yang sukses menjadi idola masyarakat Boyolali dan sekitarnya. Salah satu cabang yang cukup terkenal di Boyolali adalah berada di Jalan Pandanaran Boyolali.

Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali Dari Depan

Saya sempat mendengar bahwa kuliner Soto Seger Khas Boyolali ini sudah sampai di kota Yogyakarta namun tidak jelas informasi dimana warung soto tersebut dibuka. Pada suatu hari ketika melakukan perjalanan ke Salatiga melewati Boyolali, kami menyempatkan mampir di salah satu cabang Soto Seger Mbok Giyem Boyolali di kota asalnya.

Kami memilih salah satu cabang warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali di jalan Pandaranan Boyolali. Lokasi ini dipilih karena aksesnya yang cukup mudah, berada di pusat kota Boyolali dan tidak perlu kesulitan untuk mencarinya. Dari tepi jalan tampak keramaian lalu lalang pengunjung warung soto yang baru datang atau meninggalkan lokasi.

Suasana Salah Satu Cabang Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Saat kendaraan kami tiba di depan warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali, petugas parkir langsung mengarahkan kami ke tempat parkir yang masih kosong. Area parkir warung soto ini menggunakan sedikit bagian warung dan tepi jalan raya yang lebar. Untung saja petugas parkir cukup sigap mengatur parkir kendaraan sehingga tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya.

Memasuki warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali suasana tampak ramai dengan pengunjung. Bersantap soto pada jam istirahat atau jam makan siang menjadi pilihan beberapa masyarakat Boyolali disamping terlihat beberapa pengunjung dari luar daerah. Kami langsung memesan menu andalan yaitu Soto Seger Boyolali berikut minumannya.

Baca Juga  Pesona Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Sajian Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Ada dua pilihan untuk menikmati Soto Seger Mbok Giyem Boyolali yaitu soto daging ayam dan soto daging sapi. Pengunjung bebas memilih dua macam soto tersebut sesuai selera masing-masing. Tidak lama kemudian pesanan soto kami tersaji di meja berikut minuman yang telah kami pesan. Kami pun segera mencicipi Soto Seger Mbok Giyem Boyolali tersebut.

Penampilan Soto Seger Mbok Giyem Boyolali tampak menarik dengan mangkuk berukuran lebih kecil daripada mangkuk soto biasa. Susunan yang tersaji dalam soto pun nampak seperti potongan daun seledri, soun, potongan daging ayam, dan taburan bawang goreng. Saya tidak menemukan adanya tauge atau potongan jeruk seperti pada sajian soto pada umumnya. Melihat komposisi penyusunnya, sepintas terdapat kesamaan dengan soto khas Solo.

Sate Jerohan Ayam di Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Kuah Soto Seger Mbok Giyem Boyolali tampak bening, mirip seperti penampilan kuah pada Sop Ayam Pak Min. Namun aroma yang dikeluarkan cukup segar dan cukup menggoda selera. Saat mencicipinya, terdapat kesamaan rasa dengan aroma yang dikeluarkannya. Menurut kami, rasa Soto Seger Boyolali ini cenderung mirip seperti kuah sop ketimbang kuah soto.

Hal yang menjadi perbandingan adalah Soto Sawah Yogyakarta yang terkenal segar cukup terasa bumbu soto yang menggunakan sedikit rempah-rempah. Sedangkan dalam kuah Soto Seger Mbok Giyem Boyolali tidak terasa adanya rempah sama sekali. Maka dari itu kami berani sedikit menyimpulkan bahwa rasa soto seger memiliki kemiripan dengan rasa sop baik soto ayam ataupun soto daging sapi.

Potongan Tempe Goreng di Warung Soto Seger Mbok Giyem Boyolali

Rasa kuah Soto Seger Boyolali yang mirip seperti sop sepertinya tidak perlu diperdebatkan karena kembali ke selera penikmat kuliner soto. Meskipun ukuran porsi lebih sedikit, lauk tambahan yang disediakan di meja cukup beragam dan menarik untuk dicicipi. Sebut saja potongan tempe goreng berukuran besar, tahu bakso, sate babat, sate jerohan ayam, sate hati ayam, sate tepung, sate telur puyuh, sosis solo, tahu goreng, dan mentho kacang tolo khas Boyolali. Tidak ketinggalan pula bermacam-macam jenis krupuk mulai dari kerupuk biasa hingga kerupuk rambak.

Baca Juga  Mie Ayam & Bakso Sari Rasa Jatiayu Bantul, Rasanya Berani Diadu

Keberadaan Soto Seger Mbok Giyem Boyolali terbukti mampu mengangkat potensi kuliner Boyolali yang sebelumnya kurang mendapat tempat. Rasanya yang cukup gurih dan sederhana menjadi incaran para penikmat kuliner baik dalam daerah maupun luar daerah. Hal ini berefek pada bangkitnya usaha kuliner lain di sekitar Boyolali seperti bubur sambel tumpang dan hidangan pedesaan lain yang jarang dikenal. (text/foto: annosmile)

CABANG

Cabang Boyolali

  • Jl. Garuda Boyolali (sebelah selatan Pasar Sunggingan)
  • Jl. Pandanaran Boyolali (kanan jalan dan kiri jalan)
  • Jl. Kantil Boyolali (seberang RSU Pandan Arang Boyolali)

 Cabang Solo

  • Jl. Bhayangkara No. 18 (Tipes), Solo 57141
  • Jl. Kapten Piere Tendean No. 169 Nusukan Solo

Cabang Yogyakarta

  • Jl. Sultan Agung Yogyakarta
  • Jl. Monjali Yogyakarta
  • Jl. Magelang km 8 Sleman, Yogyakarta
  • Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta

Cabang Magelang

  • Jl. Jend Ahmad Yani Magelang

Cabang Semarang

  • Jl. Garuda Semarang (selatan Pasar Sunggingan)
  • Jl. Pandanaran Semarang.
  • Seberang RSU Pandan Arang

Cabang Tegal

  • belum ada informasi

Cabang Pekalongan

  • Jl. Gajah Mada Pekalongan

Cabang Bandung

  • Jl. Patuha I No. 10 Bandung (pinggir Jl. Talaga Bodas)

Cabang Jakarta

  • Jl. Raya Lenteng Agung No. 43, RT.10 RW.01, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610 Telp: 085693931212
  • Jl. Pintu II Bawah TMII No. 1 Deket MNC TV, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur 13610 Telp: 085693931212
  • Jl. Wijaya I No.73, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12730 Telp: 081316311007

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja Dot Com:

    iya nih, soto mbok giyem lagi naik daun :D

  2. wibowo pangestu:

    Mohon infonya utk no telp . atau kontak personnya ..bila saya ingin usaha jg soto seger mbok giyem via franchisenya..
    terima kasih

Kirim pendapat