Soto Sampah, Kuliner Legendaris Di Utara Tugu Jogja

4.0
01

Soto Sampah merupakan daya tarik kuliner soto yang berada di pusat kota Yogyakarta. Keberadaan warung soto ini sudah cukup lama yaitu pada era tahun 70an namun baru mulai terkenal setelah era tahun 2000. Soto Sampah sebenarnya sama seperti soto khas Jogja pada umumnya. Penamaan kata “Sampah” sebenarnya pada penggunaan rempah-rempah pada kuah soto dimana rempah-rempah tersebut direbus secara utuh atau tidak digiling atau ditumbuk seperti kebanyakan warung soto. Mirip seperti asal-usul penamaan kata “Uwuh” pada minuman khas Imogiri Bantul.

Warung Soto Sampah beralamat di Jalan Kranggan No. 2, kelurahan Cokrodiningratan, kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta 55233.

Lokasi Warung Soto Sampah berada di sebelah barat pertigaan utara pasar Kranggan, seberang jalan dari SPBU AM Sangaji Yogyakarta atau dikenal dengan nama Pom Bensin Tugu. Rute menuju warung soto ini cukup mudah dari perempatan Tugu Jogja ke arah utara sejauh 150 meter kemudian belok ke kiri pada pertigaan kedua. Posisi warung tersebut dekat dengan pertigaan tersebut dan berdampingan dengan warung kakilima yang lain. Area parkir menggunakan area tepi jalan yang ada di sepanjang jalan. Pengunjung yang sedang berwisata di kawasan Tugu Jogja disarankan untuk berjalan kaki menuju warung ini karena jaraknya cukup dekat.

Baca Juga  Goa Jepang Sentonoharjo, Peninggalan Jepang Di Berbah Sleman

Warung Soto Sampah terlihat sederhana seperti warung kakilima pada umumnya. Dari depan terlihat jelas spanduk bertuliskan nama “Soto Sampah” yang menandakan letak warung soto tersebut. Pengunjung yang baru datang dipersilakan memesan menu soto dan minuman di warung, mengambil lauk pendamping soto dietalase, dan mencari tempat duduk untuk bersantap. Ada 2 (dua_ pilihan tempat bersantap yaitu di meja kursi di dalam warung tenda dan lesehan di sebelah barat warung.

Penyajian soto di Warung Soto Sampah Yogyakarta menggunakan piring tanggung dan tidak menggunakan mangkok seperti penyajian soto pada umumnya. Dalam satu piring soto terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan kubis, suwiran daging ayam potong, taburan seledri, dan bawang goreng. Kuahnya terlihat melimpah dibandingkan isi soto sendiri. Pengunjung bisa meminta untuk ditambahkan koyor atau lemak daging sapi dalam sajian soto. Cita rasa sajian soto ayam cenderung gurih dengan sedikit rasa manis dan asin yang berimbang. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan tidak terlalu berasa dan masih dalam batas normal.

Lauk tambahan untuk menikmati hidangan soto bisa diambil di etalase Warung Soto Sampah seperti sate usus, sate telur puyuh, gorengan, telur sambal. dan kerupuk. Harga yang ditawarkan tergolong standar untuk harga soto di pusat kota Yogyakarta dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Waktu yang paling cocok ke warung soto ini sebenarnya bisa pagi, siang, sore, ataupun malam karena warung soto ini buka hampir 24 jam. Hanya saja pengunjung paling ramai ke warung ini pada malam hari bahkan dini hari. Secara keseluruhan Warung Soto Sampah dapat menjadi salah satu pilihan bersantap soto ayam khas Yogyakarta di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Soto Sampah
  • 7.5/10
    Soto Ayam - 7.5/10
7.5/10
INFORMASI
Warung Soto Sampah
Jl. Kranggan No. 2, kelurahan Cokrodiningratan, kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta 55233

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 03.30 WIB

Kirim pendapat