Icip-Icip Soto Pak Unang Taman Siswa Yogyakarta

Soto Pak Unang merupakan salah satu warung soto di daerah Taman Siswa Yogyakarta. Warung soto ini buka dari pagi hingga siang sehingga cocok digunakan sebagai tempat sarapan dan bersantap siang. Menu soto yang ditawarkan ada 3 (tiga) macam antara lain soto daging sapi, soto ayam, dan soto babat.

Soto Pak Unang beralamat di Jalan Taman Siswa No. 12, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta.

Lokasi Soto Pak Unang berada di depan Swalayan UKM Mart Taman Siswa yang dekat dengan pertigaan menuju ke arah Bintaran. Rute termudah menuju ke warung soto ini dari perempatan Sentul ke arah selatan sejauh 300 meter dan posisi warung ini berada di barat jalan atau sisi kanan jalan. Area parkir yang disediakan cukup terbatas dengan menggunakan bagian trotoar jalan untuk kendaraan beroda dua dan tepi jalan untuk kendaraan beroda empat. Pengunjung tidak perlu khawatir karena ada petugas parkir yang mengatur dan merapikan parkir kendaraan.

Warung Soto Pak Unang menempati area tepi Swalayan UKM Mart di sisi sebelah selatan. Spanduk nama warungnya cukup besar dan terpampang jelas dari tepi jalan. Ada sekitar 6 (enam) meja makan yang disediakan untuk 30 pengunjung dan selebihnya disediakan tikar. Pengunjung yang baru datang dipersilakan langsung memesan menu dan mencari tempat duduk yang masih kosong.

Baca Juga  Upacara Adat Saparan Bekakak, Tradisi Peringatan Bulan Sapar Di Gamping Sleman

Penyajian soto ayam di Warung Soto Pak Unang menggunakan mangkok putih yang terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan daging ayam potong, dan rajangan daun seledri. Bisa dibilang sajian soto ini digolongkan sebagai sajian soto ayam khas Jogja. Porsinya terbilang standar atau cukup untuk ukuran sarapan pagi. Saat mencicipi kuah soto, bumbunya terasa cukup ringan seperti Soto Sawah namun tidak terasa kaldu ayamnya. Bagi saya pribadi cita rasanya sedikit hambar dan cenderung menonjolkan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG). Selain itu tidak ada dominasi rasa manis ataupun asin sehingga penikmat soto harus segera menambahkan perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap untuk melengkapi rasa.

Bila lauk masih kurang, di meja makan tersedia hidangan pendamping seperti bakwan goreng, tempe tepung, sate telur puyuh, dan sate usus ayam. Harga yang ditawarkan tergolong standar harga soto di sekitar Yogyakarta. Alternatif soto lain yang dekat dengan warung ini silakan coba Soto Ayam Lenthok Pak Kancil di daerah Bintaran sebelah barat warung ini. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Soto Pak Unang
  • 6.3/10
    Soto Ayam - 6.3/10
6.3/10
INFORMASI
Soto Pak Unang
Jl. Taman Siswa No. 12, kelurahan Wirogunan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.00 s/d 13.00 WIB

Kirim pendapat