Soto Pak Muh, Kuliner Legendaris Dalam Pasar Beringharjo Jogja

Soto Pak Muh merupakan warung penjual hidangan soto yang berada di dalam kawasan Pasar Beringharjo Yogyakarta. Warung soto ini cukup legendaris karena berdiri sejak tahun 1976 dan tetap setia membuka dagangannya di dalam area pasar. Menu andalan warung ini adalah sajian soto daging sapi dan soto ayam.

Soto Pak Muh beralamat di Pasar Beringharjo, Jalan Margo Mulyo No. 16, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta.

Lokasi Warung Soto Pak Muh berada di los makanan pojok barat daya blok tengah Pasar Beringharjo atau sebelah timur dari kawasan pasar yang menjual pakaian yang didominasi oleh batik. Cara termudah menuju warung ini dari Jalan Malioboro masuk ke dalam Pasar Beringharjo. Ikuti jalan di tengah-tengah pasar ke arah timur melewati area penjual batik dan tiba di sambungan blok pasar. Masuk ke blok selanjutnya kemudian langsung ambil jalan ke kiri menyusuri tepian pasar hingga tiba di warung ini. Keramaian warung soto ini tampak karena suda dikenal oleh para pembeli. Menu yang ditawarkan warung ini antara lain soto sapi, soto ayam, nasi pecel, gado-gado, nasi gudeg, ayam bakar, es koyor, dan es campur.

Penyajian soto daging sapi di Warung Soto Pak Muh menggunakan mangkok putih yang terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan kubis, daging sapi potong tipis, kuah soto, taburan seledri, dan bawang goreng. Penyajiannya mirip seperti soto daging sapi khas Jogja seperti Soto Pak Marto. Potongan daging sapi pada sajian soto terlihat melimpah dan banyak hampir memenuhi permukaan mangkok. Kuahya terlihat bening kekuningan karena bumbu soto yang digunakan. Cita rasa sajian soto daging sapi cenderung gurih dengan sedikit rasa manis. Bagi saya pribadi cita rasanya sedikit hambar, kurang bumbu, dan cenderung menonjolkan penyedap rasa buatan atau monosodium glutamat (MSG). Bumbu yang digunakan kurang meresap pada daging sapi dan terasa terpisah pada kuahnya saja.

Penyajian soto ayam di Warung Soto Pak Muh hampir sama seperti penyajian soto daging sapi. Seporsi soto ayam terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan kubis, daging ayam potong, kuah soto, taburan seledri, dan bawang goreng. Penampilannya mirip seperti soto khas Jogja yang bening. Porsinya terbilang cukup dan mengenyangkan isi perut yang sedang lapar. Potongan daging ayam pada sajian soto terlihat melimpah dan banyak hampir memenuhi permukaan mangkok. Kuah yang digunakan sama seperti kuah soto pada soto daging sapi. Cita rasa sajian soto ayam cenderung gurih dengan sedikit rasa manis sama seperti soto daging sapi karena menggunakan kuah yang sama

Baca Juga  RM Bu Tiwi Tan Tlogo, Rasa Biasa Namun Banyak Pilihan

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Soto Pak Muh tergolong mahal untuk harga hidangan soto di pusat kota Yogyakarta dan berada di area pasar. Secara keseluruhan Warung Soto Pak Muh tetap menjadi pilihan kuliner di dalam kawasan Pasar Beringharjo sambil bernostalgia di pasar terbesar di pusat kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Soto Pak Muh
Overall
6.4/10
6.4/10
  • Soto Ayam - 6.4/10
    6.4/10
INFORMASI
Soto Pak Muh
Pasar Beringharjo, Jalan Margo Mulyo No. 16 kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta,br />

Kirim pendapat