Soto Pak Marto Taman Sari, Legenda Soto Daging Dari Tahun 60an

Soto Pak Marto Taman Sari, Legenda Soto Daging Dari Tahun 60an
3.6 (72%) 5 votes

Bingung mencari tempat untuk sarapan pagi? Saran untuk mencicipi pesona soto legendaris Pak Marto perlu menjadi pertimbangan. Warung Soto Pak Marto ini telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan sudah terbukti daya tari rasanya. Lokasinya cukup mudah ditempuh karena berada di kawasan kota Yogyakarta dan letaknya tidak jauh dari kawasan Kraton Yogyakarta dan Istana Taman Sari.

Warung Soto Pak Marto Taman Sari merupakan salah satu warung soto legendaris di Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1960. Warung soto ini buka sejak pagi hari mulai pukul 06.00 hingga habis menjelang sore hari.

Warung Soto Pak Marto Yogyakarta Dari Luar

Hanya beberapa menit perjalanan akhirnya saya tiba di warung Soto pak Marto yang terletak disebelah timur sungai (kali) Winongo. Bangunan warungnya telah diperluas ke arah belakang namun lokasinya tetap tidak berubah sejak pertama kali berdiri. Untuk kendaraan sepeda motor bisa diparkir di halaman warung sedangkan kendaraan roda empat dipersilakan parkir di tepi jalan karena tidak disediakan area parkir.

Memasuki Warung Soto Pak Marto, saya langsung memesan menu soto yang menjadi satu-satunya menu di warung ini. Ada beberapa pilihan dalam menikmati soto sesuai selera diantaranya soto daging campur, soto daging pisah, dan soto daging kuah. Selain itu ada tambahan lauk yang menarik untuk dicicipi seperti iso goreng dan babat goreng yang telah dipotong kecil-kecil.

Warung Soto Pak Marto buka pertama kali di Jl. Letjen S. Parman 44 Yogyakarta atau tepatnya di sebelah timur Kali Winongo. Saat ini telah membuka beberapa cabang di sekitar Yogyakarta seperti Warung Soto Pak Marto Jl. Janti 333 Yogyakarta (depan JEC).

Dapur Warung Soto Pak Marto Yogyakarta

Seporsi Soto Daging Sapi khas Warung Soto Pak Marto segera tersaji di meja tempat saya duduk. Sepertinya pelayanan soto ini cukup cekatan dalam menyajikan soto tanpa membuat pelanggan menunggu lama. Bau kuahnya yang menggoda selera membuat saya tidak sabar untuk segera mencicipinya.

Saat mencicipi kuah soto terasa gurih namun tidak membuat eneg di mulut. Air perasan jeruk nipis membuat rasa kuah sedikit lebih asam dan segar. Potongan daging sapi bercampur lemak terasa cukup empuk dan gurih meskipun lemak yang ada perlu dihindari bagi sebagian orang. Kita bisa saja memesan tanpa menggunakan campuran lemak dalam soto daging.

Sajian Soto Sapi Di Warung Soto Pak Marto Yogyakarta

Campuran bumbu sotonya terasa pas dengan rasa yang berimbang dan tidak ada dominasi rasa seperti rasa manis yang merupakan cirikhas masakan Yogyakarta. Babat goreng yang menjadi makanan tambahan menarik untuk dicicipi. Babat dan iso goreng ini dimasak dengan cara dibacem kemudian digoreng. Tidak heran bila rasanya cenderung manis dan sedikti asin. Namun bagi para orang tua harus berhati-hati karena makanan semacam ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan kurang baik untuk kesehatan.

Kecap Merk Ayam Di Warung Soto Pak Marto Yogyakarta

Satu hal yang harus tidak dilupakan adalah kecap yang digunakan di Warung Soto Pak Marto yang berbeda dengan kecap yang biasa kita temui di warung soto. Kecap yang disajikan merupakan kecap tradisional nan legendaris dan saat ini sudah jarang ditemukan di sekitar Yogyakarta. Kecap tersebut dikemas dalam botol kecil yang sederhana dan diberi label kertas dibagian tengahnya.

Aneka Gorengan Di Warung Soto Pak Marto Yogyakarta

Kecap bermerk “Ayam” ini merupakan hasil olahan pembuat kecap tradisional di Yogyakarta yang masih bertahan sejak puluhan tahun yang lalu ditengah gempuran produk kecap dari perusahaan multinasional. Mengenai rasanya sudah tidak diragukan lagi dan saya mengakui bahwa rasanya lebih lezat dibandingkan kecap hasil olahan pabrik. Pecinta kuliner soto yang biasa menikmatinya dengan kecap wajib untuk mencicipi kecap tradisional tersebut.

Secara keseluruhan Soto Pak Marto menarik untuk dicicipi dan cocok disantai sebagai sarapan ataupun makan siang. Makanan pendamping seperti tempe goreng, bakwan, tahun bacem, sate daging, sate kulit, perkedel, kerupuk, dan lain-lain cukup lengkap tersaji di masing-masing meja. Namun menjelang siang biasanya sudah habis dan pengunjung hanya dapat menyantap soto saja. Harga yang ditawarkan tergolong cukup murah untuk ukuran soto daging sapi di Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

CABANG

  • Soto Pak Marto. Jl. Mayor Jenderal S. Parman No. 44, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta 55122
  • Soto Pak Marto. Jl. Janti No. 336, Banguntapan, Bantul 55198 Telp: 087739327799
  • Soto Pak Marto. Jl. Kabupaten, Trihanggo, Gamping, Sleman 55292 Telp: 085648259728
  • Soto Pak Marto. Jl. Imogiri Barat No. 16, Timbulharjo, Sewon, Bantul 55188

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Amin:

    Sebagai referensi apabila jalan-jalan ke malioboro ya mas, sipalah salah satu makanan favoritku ni..tk

    • admin:

      Hi Amin,
      Silakan disimak, cukup dekat dengan Malioboro ini mas :-)

Kirim pendapat