Soto Pak Dalbe Yogyakarta, Sensasi Rasa Gurih Soto Ayam Kampung

Soto Pak Dalbe merupakan salah satu daya tarik kuliner soto khas Yogyakarta yang membuka dagangannya di tepi jalan utama kota Yogyakarta. Warung soto ini telah membuka dagangannya lebih dari lebih dari dua dekade tahun yang lalu. Tidak mengherankan bila banyak orang telah mengetahui keberadaan warung soto ini. Hingga saat ini Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe tidak membuka cabang dimanapun walaupun memiliki banyak pelanggan.

Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe beralamat di Jalan Jendral Sudirman Yogyakarta. Warung soto ini buka sejak pukul 06.00 hingga 12.00 atau habis dan libur pada hari sabtu minggu.

Gerobak Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Lokasi Soto Pak Dalbe berada di tepi sebuah jalan protokol di kota Yogyakarta yaitu Jalan Jendral Sudirman. Posisi warung soto berada di seberang jalan dan sebelah barat toko buku Gramedia. Bangunan warung soto diapit dua bangunan restoran Pizza Hut dan Gereja Baptis Indonesia Anugerah. Bentuk bangunan warung soto cukup sempit namun memanjang sampai ke belakang.

Sejak membuka dagangannya pada pukul 6 pagi, Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe selalu penuh dengan pembeli. Ruangan warung yang sempit sering tidak dapat menampung pengunjung yang datang. Akhirnya sebagian pengunjung Warung Soto Pak Dalbe memilih duduk di meja kursi yang diletakkan di trotoar samping warung. Kadang, tempat duduk di dalam ruangan dan di trotoar yang disediakan tidak mencukupi dan memaksa pengunjung menunggu antrian tempat duduk.

Baca Juga  Warung Mie Gangsar Tulungagung, Antara Menu Andalan Mie Dan Nasi Goreng

Sajian Soto Ayam Kampung dan Sate Warung Soto Pak Dalbe

Area parkir Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe pun tidak luput kena imbas banyaknya pengunjung. Area parkir yang hanya menggunakan sebagian trotoar dan pinggir jalan seakan tidak dapat menampung kendaraan pengunjung. Untung saja ada petugas parkir yang mengatur dan merapikan parkir pengunjung. Disarankan untuk mengunjungi Warung Soto Pak Dalbe dengan menggunakan kendaraan roda dua saja karena tidak ada area parkir untuk kendaraan roda empat.

Pelayanan Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe cukup sigap dalam melayani pelanggan. Mangkuk dan gelas kotor disingkirkan dan meja segera dibersihkan. Pemesanan menu soto dapat dilayani pada pelayan yang berada di gerobak soto atau pelayan yang menghantarkan pesanan kepada pengunjung atau pelanggan. Tanpa menunggu lama pesanan soto ayam segera dihantarkan ke hadapan pengunjung.

Penampakan Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Penyajian Soto Ayam Kampung Pak Dalbe tidak jauh beda dengan soto ayam kampung khas jogja lainnya di warung kakilima yang lain. Nasi putih tidak dipisah atau dicampur dengan bahan penyusun soto seperti tauge, soun, lenthok, irisan daging ayam kampung, kubis, seledri, dan taburan bawang goreng. Lauk tambahan yang tersedia antara lain sate jerohan ayam, sate daging ayam, tempe goreng menggunakan tepung (mendoan), dan kerupuk.

Kuah Soto Ayam Kampung Pak Dalbe terlihat bening tanpa menggunakan santan kelapa dan berwarna sedikit kekuning-kuningan dikarenakan unsur kunyit dalam bumbu. Selain itu kuah soto ayam tampak sedikit berminyak dan diduga minyak tersebut berasal dari kaldu ayam kampung. Saat dicipi kuahnya terasa segar dan gurih dilidah. Rasa manis sedikit mendominasi saat menikmati kuah soto. Komposisi bahan penyusun soto tampak pas sehingga tidak terlihat seperti nasi berkuah saja. Bila masih kurang puas, pengunjung dapat memesan tambahan potongan sayap atau kepala ayam kampung.

Baca Juga  Lesehan Aldan Yogyakarta, Harga Murah Dan Banyak Pilihan

Sate Ayam Di Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Pengunjung Warung Soto Ayam Kampung Pak Dalbe didominasi oleh pegawai kantoran dan anak muda yang mencari sarapan pagi. Mereka lebih memilih santapan soto yang lebih mengenyangkand an menyehatkan ketimbang memakan makanan isntan seperti mie. Para orang tua berusia paruh baya jarang terlihat di warung soto ini karena mungkin menghindari menghindari menu makanan yang berminyak.

Secara keseluruhan Soto Ayam Kampung Pak Dalbe menjadi salah satu pilihan wisata kuliner soto di sekitar Yogyakarta dan salah satu lokasi yang cocok sebagai tempat sarapan pagi. Harga semangkuk soto ayam kampung hampir sama dengan harga semangkuk soto di warung soto kakilima lainnya. Beberapa masalah biasa seperti sulitnya area parkir dan harus mengantri tidak menghentikan niat pengunjung untuk mampir di Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. (text/foto: annosmile)

 == Harga

Soto ayam kampung : Rp8.000,-

Sate : Rp2.000,-

Tempe : Rp1.000,-

INFORMASI
Soto Ayam Kampung Pak Dalbe
Jl. Jendral Sudirman Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.00 s/d 12.00 WIB

Kirim pendapat