Soto Moneter, Warung Soto Yang Berdiri Saat Krisis Ekonomi Indonesia

Soto Moneter, Warung Soto Yang Berdiri Saat Krisis Ekonomi Indonesia
2.7 (53.33%) 3 votes

Soto Moneter merupakan salah satu daya tarik kuliner soto khas Kotagede Yogyakarta. Namanya cukup unik karena berdirinya warung ini bersamaan dengan momentum krisis ekonomi atau krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998 lalu. Penyajian menu soto di warung ini hampir sama dengan soto khas Kotagede lainnya yaitu dengan menggunakan daun kemangi yang disediakan secara terpisah.

Warung Soto Moneter “Bu Titik” terletak di Jalan Ringroad Timur, desa Plumbon, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Warung Soto Moneter Bantul Dari Luar

Lokasi Soto Moneter berada di sebelah utara perempatan Ringroad Timur Kotagede Yogyakarta. Rute termudah menuju ke warung soto ini dengan mengikuti petunjuk arah menuju ke Pasar Legi Kotagede. Dari perempatan Pasar Legi Kotagede dan Kantor Pos Kotagede ambil jalan ke arah timur menuju ke arah Jalan Ringroad Timur. Sesampai di perempatan Jalan Ringroad Timur Kotagede, belok ke arah kiri dan ikuti jalan sejauh 100 meter di jalur lambat. Posisi warung soto tersebut berada di sebelah kiri jalan.

Warung Soto Moneter menempati sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dan sebagian masih berdinding anyaman bambu. Cat warna biru muda mendominasi dinding bagian depan yang terlihat mencolok dari kejauhan. Area parkir yang disediakan hanya sebatas pengunjung yang menggunakan sepeda motor saja. Pengunjung yang datang menggunakan kendaaran roda empat dapat parkir di tepi jalan.

Pengunjung Warung Soto Moneter Bantul

Menu makanan yang ditawarkan Warung Soto Moneter ada 3 (tiga) macam yaitu soto daging ayam, soto daging sapi, dan tongseng menthok. Sedangkan untuk minuman hanya tersedia teh, jeruk, dan kopi saja. Diantara ketiga menu yang ditawarkan menu soto daging sapi merupakan menu paling favorit pelanggan warung soto ini. Kami yang penasaran dengan menu makanan warung ini berencana memesan ketiga menu tersebut. Hanya saja menu tongseng menthok hari itu sedang kosong atau tidak tersedia.

Baca Juga  Candi Klodangan Sleman, Hanya Tersisa Pondasi Bangunan Saja

Penyajian soto daging ayam dan soto daging sapi dibarengi oleh sepiring beberapa potong tempe goreng pakai tepung dan sepiring berisi irisan jeruk nipis, perkedel, serta daun kemangi. Dalam semangkuk soto daging sapi terdiri dari nasi, soun, rajangan kubis, tauge, seledri, dan potongan daging sapi. Kuahnya terlihat bening dan tidak tampak keruh seperti beberapa kuliner soto lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu, tidak ditemukan adanya potongan lenthok seperti soto khas Yogyakarta atau soto khas Kotagede lainnya seperti Soto Ayam Kang Sarman dan Soto Kemasan. Keberadaan lenthok di warung soto ini digantikan dengan perkedel yang terbuat dari kentang.

Sajian Soto Moneter Bantul

Cita rasa yang ditawarkan sajian soto daging ayam dan soto daging sapi berasa gurih, sedikit asin, dan terasa segar. Rasa gurih yang muncul berasal dari kaldu daging atau tulang sapi yang digunakan dalam membuat kuah soto. Rasa segar yang muncul berasal dari perasan jeruk nipis dan potongan daun kemangi yang dicampurkan saat menikmati sajian soto. Aroma danrasa bumbu tidak terasa tajam sehingga cocok bagi penyuka soto segar. Jadi dapat disimpulkan bahwa sajian soto daging ayam dan soto daging sapi hampir sama. Yang membedakan diantaranya keduanya hanyalah potongan jenis dagingnya saja.

Secara keseluruhan Warung Soto Moneter menarik untuk direkomendasikan sebagai kuliner soto di sekitar Kotagede dan Yogyakarta karena memiliki cita rasa yang khas dan menarik untuk dicicipi. Harga yang ditawarkan untuk semangkuk soto cukup murah dan standar harga makanan di pinggiran kota Yogyakarta. Hanya saja warung ini kurang cocok digunakan sebagai tempat bersantap pagi atau sarapan karena buka menjelang siang hari. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Soto Moneter
  • 7.5/10
    Soto Daging Ayam - 7.5/10
  • 7.5/10
    Soto Daging Sapi - 7.5/10
7.5/10
INFORMASI
Warung Soto Moneter "Bu Titik"
Jl. Ringroad Timur, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 10.00 s/d siang hari (habis)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cumilebay.com:

    Ada2 aja nama nya hehehee

  2. Halim:

    Yang kasih nama kreatif bener hahaha. Btw jadi penasarn gimana soto dicemplungi daun kemangi. Bring me there kalo ke Yogya ya kak Anno. ^^

Kirim pendapat