Soto Mbak Jam, Soto Tepi Persawahan Nglanggeran Gunungkidul

Soto Mbak Jam, Soto Tepi Persawahan Nglanggeran Gunungkidul
2.5 (50%) 4 vote[s]

Warung Soto Mbak Jam merupakan salah satu daya tarik kuliner di sekitar kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul. Daya tarik yang ditawarkan warung ini cukup unik karena selain sensasi soto khas Gunungkidul, pengunjung akan dimanja dengan suasana bangunan warung yang teduh dan berada di tepi area persawahan. Secara tidak langsung ingatan kita mengarah kepada Warung Soto Sawah di sekitar Yogyakarta yang saat ini sudah tidak dikelilingi sawah lagi atau berubah menjadi bangunan rumah.

Warung Makan Mbak Jam atau sering disebut Soto Mbak Jam Nglanggeran Gunungkidul menyediakan menu utama berupa soto ayam dan soto sapi disamping ada menu lain seperti ayam goreng, prasmanan, dan lain-lain.

Warung Makan Mbak Jam Nglanggeran Dari Depan

Lokasi Warung Soto Mbak Jam Nglanggeran terdapat di tepi persawahan sekitar Nglanggeran atau sekitar 100 meter dari pintu masuk kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Akses jalan menuju ke lokasi warung melewati jalan cor semen yang dapat dilalui hingga kendaraan roda empat. Dari jalan utama menuju kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran hanya berjalan sekitar 50 meter saja. Saat ini Warung Soto Mbak Jam Nglanggeran telah dilengkapi papan petunjuk arah dari tepi jalan raya.

Munculnya Warung Soto Mbak Jam Nglanggeran sepertinya menjadi magnet baru wisata kuliner di sekitar kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Keberadaannya melengkapi daya tarik kuliner khas sekitar Nglanggeran yang sebelumnya belum ada. Namun sepertinya masih belum banyak orang yang tahu dan memilih bersantap makan di sekitar Bukit Bintang atau Bukit Patuk yang banyak ditemui warung makan hingga restoran.

Warung Makan Mbak Jam Nglanggeran beralamat di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Buka sejak pagi hari hingga sore hari.

Bangunan Gubug Di Warung Mbak Jam Nglanggeran

Memasuki Warung Soto Mbak Jam Nglanggeran, kendaraan yang kami tumpangi dipersilakan parkir di halaman warung. Area parkir tidak luas dan hanya bisa menampung dua kendaraan roda empat atau belasan kendaraan roda dua. Tidak ada tukang parkir di warung ini dan memaksa para pengunjung untuk menata rapi sendiri kendaraan yang diparkir. Setelah memarkir kendaraan, kami langsung memasuki Warung Makan Mbak Jam Nglanggeran.

Kami dipersilakan memilih tempat duduk yang disediakan oleh Warung Mbak Jam Nglanggeran mulai dari tempat duduk lesehan di gubuk-gubuk yang dibangun disamping rumah, duduk di meja kursi dalam rumah tradisional Jawa, atau duduk di meja kursi samping rumah yang menghadap pemandangan persawahan. Kami memilih opsi terakhir yaitu duduk di samping rumah sambil bersantai menikmati angin-angin sepoi.

Suasana Dapur Warung Mbak Jam Nglanggeran

Menu pesanan saya berupa soto ayam segera tersaji di meja berikut minumannya. Perlahan-lahan saya mencoba menikmati hidangan soto ayam khas Warung Mbak Jam Nglanggeran sambil menikmati hamparan sawah di depan mata. Cita rasa soto ayam yang disajikan merupakan soto tanpa santan dengan bumbu yang cukup terasa. Memiliki kemiripan rasa dengan Soto Simbok yang pernah saya cicipi.

Ketika dilihat sekilas potongan daging ayam dalam mangkuk soto cukup banyak berbarengan dengan bahan penyusun soto yang lain seperti soun, seledri, tauge, dan sebagainya. Porsi nasinya cukup banyak dan cukup mengenyangkan tanpa menambah satu porsi lagi. Kuahnya terasa cukup gurih dengan bumbu yang cukup terasa. Saya cukup puas menikmati hidangan soto di Warung Mbak Jam Nglanggeran ini.

Semangkuk Soto Ayam Khas Warung Mbak Jam Nglanggeran

Menu makanan lain seperti ayam goreng dan prasmanan dengan makanan khas desa juga cukup menarik dan tidak kalah enak. Tidak lupa bermacam-macam gorengan mulai dari tempe goreng, tahu goreng, bahwan goreng hingga pisang goreng. Beberapa oleh-oleh khas Nglanggeran dan beberapa macam makanan ringan juga dijual di warung ini.

Secara keseluruhan Soto Mbak Jam atau Warung Makan Mbak Jam Nglanggeran memberikan daya tarik kuliner baru disamping beragam daya tarik wisata di sekitar kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Menu makanannya cukup lengkap dan tidak mengecewakan setiap pengunjung yang mampir di warung ini. Harga yang ditawarkan cukup dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Diaspora Soto Di Jogja Dari Masa Ke Masa

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. arip:

    Makan soto plus di suasana yg bikin adem. Hmm nikmat banget ini mah.

    • admin:

      Hi Arip,
      Betul nikmatnya jadi dobel hehehe

Kirim pendapat