Soto Lumayan Kang Sarman, Salah Satu Kuliner Soto Sekitar Kotagede

Soto Lumayan Kang Sarman merupakan pilihan bersantap pagi atau sarapan di sekitar kawasan Kotagede Yogyakarta. Menu utama yang disajikan adalah soto ayam lenthok khas Kotagede. Keberadaan warung ini cukup dikenal oleh masyarakat sekitar dan selalu ramai dikunjungi pembeli pada pagi hari. Sedikit informasi bahwa warung ini buka sejak pagi hari hingga menjelang siang hari.

Soto Lumayan Kang Sarman beralamat di Jalan Kemasan, kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55173.

Spanduk Warung Soto Lumayan Kang Sarman

Lokasi Warung Soto Lumayan Kang Sarman berada di tepi Jalan Kemasan atau sebelah selatan dari kantor Pegadaian Kotagede dan seberang Kantor Kecamatan Kotagede. Area parkir cukup terbatas untuk sepeda motor dan tidak tersedia area parkir untuk kendaraan beroda empat. Pengunjung yang datang ke warung soto ini langsung memesan soto kemudian mencari tempat duduk yang masih kosong.

Suasana Warung Soto Lumayan Kang Sarman tampak ramai ketika pagi hari karena beberapa pekerja dan pegawai lebih memilih sarapan di warung ini ketimbang sarapan di rumah. Beberapa orang yang berpulang dari Pasar Kotagede juga menyempatkan sarapan di warung ini.

Kesibukan Pelayan Warung Soto Lumayan Kang Sarman

Sepertinya kami harus mengantri tempat duduk yang telah penuh pengunjung. Tempat duduk yang hanya menampung sekitar 30an orang nampak penuh tidak ada yang kosong. Namun kami tidak perlu menunggu lama ketika beberapa orang selesai sarapan dan segera meninggalkan warung untuk memulai aktivitasnya.

Baca Juga  Sate Kambing Pak Panto, Kuliner Olahan Daging Kambing Di Ujung Utara Kulon Progo

Bau harum kuah soto menyapa kami bersamaan dengan bau segar dari daun kemangi yang ditaruh di sudut-sudut meja. Keberadaan daun kemangi memang menjadi salah satu keunikan Soto Ayam Lumayan Kang Sarman ini. Pengunjung dipersilakan menikmati hidangan soto ayam dengan daun kemangi yang disediakan di meja makan.

Suasana Warung Soto Lumayan Kang Sarman

Saat kami duduk di meja yang kosong, pesanan soto ayam segera diantarkan berikut minuman yang sebelumnya sudah saya pesan. Semangkuk soto ayam yang isinya hampir memenuhi mangkuk cukup menggoda untuk disantap. Komposisi yang terdapat dalam soto pun tampak berwarna, sebut saja irisan tomat, tauge, potongan daging ayam, seledri, dan tentu saja potongan lenthok.

Kuah Soto Lumayan Kang Sarman terasa segar dengan bumbu yang cukup terasa dimulut. Rasa asin dan gurih cukup pas dilidah dan sedikit ada persamaan dengan rasa Soto Ayam Pak Gareng. Porsi nasi dalam sajian soto cukup pas untuk ukuran sarapan pagi. Potongan daun kemangi ditambahkan bila penikmati soto menyukainya. Ditambah lagi potongan lenthok berbahan ketela memberikan sensasi rasa unik lain daripada soto ayam biasa.

Bila potongan lenthok masih kurang, di meja makan tersaji lenthok tambahan siap santap berdampingan dengan lauk lain seperti tempe goreng, bakwan, dan sate ayam. Lenthok yang tersaji di meja biasanya segera habis namun segera diganti dengan sepiring lenthok penuh oleh pelayan warung. Tidak ketinggalan bermacam-macam kerupuk untuk penikmat soto dengan krupuk.

Secara keseluruhan Soto Lumayan Kang Sarman menarik untuk dicicipi karena rasanya yang khas dan unik. Lokasinya yang dekat dari pusat kota Yogyakarta menjadi salah satu alternatif pilihan bersantap pagi atau sarapan. Harga yang ditawarkan tergolong cukup murah untuk ukuran warung soto ayam di Yogyakarta. Kekurangannya warung ini tidak menyediakan area parkir untuk kendaraan roda empat dan sedikit area parkir untuk kendaraan roda dua. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Lumayan Kang Sarman
Jl. Kemasan, kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55173

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 05.30 s/d 13.00 WIB

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. EventJogja Dot Com:

    lumayan, bisa dijadikan referensi tambahan buat ritual #rabosoto :D

    • admin:

      Hi EventJogja Dot Com,
      Iya, selamat menjalankan ritual #rabosoto ya :-)

  2. aan pahlevi:

    Salah satu soto di jogja yg patut untuk di kunjungi….berdiri sejak 1996..masih eksis sampai sekarang…jalan jalan ke kotagede. jangan lupa mampir sekalian liat liat kerajinan silver….

Kirim pendapat