Soto Lenthok, Pilihan Sarapan Di Pasar Lempuyangan Yogyakarta

Soto Lenthok Pasar Lempuyangan merupakan salah satu warung makanan yang berada di kawasan Pasar Lempuyangan Yogyakarta. Warung soto lenthok ini sebenarnya tidak memiliki nama. Namun para pembeli mengenalnya sebagai Soto Lenthok Pasar Lempuyangan karena satu-satunya penjual soto lenthok di dalam kawasan pasar tersebut pada pagi hingga siang hari. Walaupun pada sore hingga malam hari ada warung soto lain yang bernama Warung Soto Pak Yono yang berbeda penjual.

Soto Lenthok Pasar Lempuyangan terletak di Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, kelurahan Tegal Panggung, kecamatan Danurejan, kota Yogyakarta.

Lokasi Warung Soto Lenthok Pasar Lempuyangan berada di area parkir utama kawasan Pasar Lempuyangan tepatnya pada sisi timur laut dekat dengan pintu masuk. Warung soto ini menempati area bawah tangga dan teras pasar sisi timur laut dimana digunakan secara bergantian dengan warung mie ayam yang buka pada siang hari. Pengunjung yang datang menggunakan kendaraan roda dua dapat memarkir kendaraannya di area parkir sepeda motor Pasar Lempuyangan. Menu utama yang ditawarkan warung ini adalah soto lenthok atau soto ayam dengan lenthok.

Penyajian soto lenthok di Warung Warung Soto Lenthok Pasar Lempuyangan menggunakan mangkok soto berwarna kecoklatan. Satu prosi soto lenthok terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan tahu bacem, potongan lenthok, dan daging ayam potong. Porsinya terbilang standar dan cukup kenyang untuk sarapan ataumakan pagi. Saat mencicipi kuah soto, bumbunya terasa ringan dan segar. Cita rasanya cenderung gurih dan sedikit manis. Bagi saya pribadi ada kemiripan cita rasa dengan soto lenthok yang lain yaitu Soto Ayam Lenthok Pak Kancil.

Baca Juga  Kupat Tahu Pak Slamet, Pilihan Kuliner Kupat Tahu Di Pusat Kota Magelang

Pengunjung yang menikmati sajian soto dengan lauk tambahan, di meja makan tersedia hidangan pendamping seperti lenthok, sate jerohan ayam, dan kerupuk. Kekurangannya tidak tersedia hidangan pendamping lain seperti tempe goreng, tahu goreng, dan hidangan gorengan yang lain. Harga yang ditawarkan tergolong standar harga soto di sekitar kota Yogyakarta. Alternatif soto lain yang dekat dengan warung ini silakan coba Soto Lenthok Pak Sadari di Jalan haam Wuruk dan Soto Ayam Pak Sun di daerah Jalan Gadjah Mada Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Lenthok Pasar Lempuyangan
Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk, kelurahan Tegal Panggung, kecamatan Danurejan, kota Yogyakarta

Kirim pendapat