Soto Lenthok Pak Mulyo, Soto Paling Laris di Jalan Babaran Yogyakarta

4.3/5 - (3 votes)

Soto Lenthok Pak Mulyo merupakan salah satu warung soto yang cukup terkenal di sekitar Jalan Babaran Yogyakarta. Keberadaan warung soto ini sudah cukup lama walaupun tidak diketahui kapan pertama kali usaha warung ini berdiri. Warung ini buka cukup pagi sebelum jam 6 pagi dan hanya bertahan hingga jam 8 pagi.

Warung Soto Lenthok dan Bakmi Jawa Aya Kampung Pak Mulyo beralamat di Jalan Babaran No. 8D, kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta 55161.

Lokasi Warung Soto Lenthok Pak Mulyo berada di tepi Jalan Babaran yang menghubungkan antara Jalan Batikan (Kali Mambu) dengan Jalan Glagahsari. Warung ini menggunakan bangunan semi permanen dengan rangka kayu dan dinding anyaman rotan. Area parkir yang disediakan terbatas untuk kendaraan roda dua saja dan tidak ada petugas parkir di warung soto ini. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat agak kesulitan parkir di warung soto ini. Menu yang ditawarkan adalah soto ayam kampung dengan lenthok khas Jogja.

Penyajian soto ayam di Warung Soto Lenthok Pak Mulyo menggunakan mangkok putih berukuran tanggung sama seperti mangkok bakso. Satu porsi soto ayam terdiri dari nasi putih, tauge, soun, potongan lenthok, potongan daging ayam kampung, seledri, dan taburan bawang goreng. Porsinya terbilang standar dan cukup kenyang untuk sarapan atau makan pagi. Saat mencicipi kuah soto, bumbunya terasa ringan, segar, dan cukup berasa kuah kaldu ayam kampungnya. Cita rasanya cenderung gurih dan sedikit manis khas soto Jogja. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) tidak berasa dan lebih terasa kaldu ayam sebagai pengganti penyedap rasa buatan. Bagi saya pribadi ada kemiripan rasa dengan Soto Ayam Pak Pono di daerah Jogokaryan yang juga menggunakan daging ayam kampung. Adanya irisan jeruk nipis memberikan sensasi rasa seedikit asam dalam bersantap hidangan soto. Pengunjung dapat menikmati sajian soto dengan lauk tambahan dengan hidangan pendamping di meja seperti tempe goreng (mendoan), sate ayam, sate telur puyuh, kerupuk.

Baca Juga  Mie Ayam Pak Ribut, Si Manis Dari Tengah Perkampungan Desa Gamping Sleman

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Soto Lenthok Pak Mulyo tergolong agak mahal karena menggunakan daging ayam kampung. Secara keseluruhan Warung Soto Lenthok Pak Mulyo dapat menjadi salah satu pilihan sarapan pagi di sekitar XT Square dan Kali Mambu. (text/foto: annosmile)

DAFTAR MENU
  • Soto Ayam : Rp 12.000,-
  • Gorengan : Rp 1.000,-
  • Teh Panas : Rp 3.000,-

*update Oktober 2021*

INFORMASI
Warung Soto Lenthok Pak Mulyo
Jl Babaran No. 8D, kelurahan Pandeyan, kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta 55161

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 05.30 s/d 07.30 (habis)

Kirim pendapat