Soto Kudus Kang Miun, Legenda Hidangan Soto Kudus Di Kota Jogja

Soto Kudus Kang Miun merupakan salah satu warung yang menjual kuliner khas Kudus yaitu Soto Kudus di kota Yogyakarta. Keberadaannya cukup legendaris karena berdiri sejak tahun 90an. Pada awalnya warung soto ini berjualan di trotoar tepi Jalan Simanjuntak tepatnya di depan kompleks pertokoan YAP Square. Saat pembangunan YAP Square, warung soto ini pindah ke kompleks Pasar Terban hingga sekarang.

Soto Kudus Kang Miun beralamat di Jalan C. Simanjuntak No. 31A, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55223.

Lokasi Warung Soto Kudus Kang Miun berada di kawasan Pasar Terban Yogyakarta. Posisi warungnya berada di area kios depan pasar dan berada paling ujung sebelah utara. Ukuran warungnya cukup kecil dan hanya dapat menampung sekitar 20an orang. Area parkir kendaraan dapat menggunakan area parkir pasar yang luas dan sepi karena sore hingga malam hari tidak ada aktivitas pasar. Menu andalan yang ditawarkan warung soto ini adalah soto ayam dan sate kerang.

Penyajian soto ayam campur di Warung Soto Kudus Kang Miun menggunakan mangkuk kecil khas Soto Kudus dimana ukurannya lebih kecil daripada mangkok soto khas Jogja atau mangkok bakso yang biasanya bergambar ayam jago. Porsinya terlihat sedikit dan kurang kenyang bila disantap dalam kondisi perut lapar. Dalam satu porsi soto terdiri dari nasi putih, suwir daging ayam, tauge, irisan daun loncang, potongan daun seledri, dan taburan bawang goreng. Cita rasa sajian soto yang ditawarkan cenderung gurih tanpa ada dominan rasa asin maupun manis. Bumbu rempahnya cukup terasa meskipun masih nyaman untuk dinikmati. Kaldu ayam pada kuahnya cukup terasa. Penggunaan monosodium glutamat (MSG) atau penyedap rasa buatan tidak terlalu berasa dan masih dalam batas normal. Bagi saya pribadi, saya lebih merekomendasikan warung soto ini daripada Warung Soto Kudus Menara Kudus yang sudah terkenal dan membuka cabang di beberapa kota Indonesia.

Baca Juga  Sate Sapi Suruh, Kuliner Sate Khas Salatiga Yang Cukup Legendaris

Hidangan pelengkap yang menjadi primadona Warung Soto Kudus Kang Miun adalah sate kerang. Sate kerangnya emiliki cita rasa yang cukup enak dengan bumbu yang meresap. Saat dikunyah terasa cukup empuk dan tidak terkesan alot. Pengunjung sebaiknya mencicipi sate kerang ini saat menyantap hidangan soto. Bila masih kurang pada setiap meja disediakan juga hidangan pelengkap seperti tempe goreng, tahu goreng, perkedel, sate usus ayam, sate telur puyuh, dan kerupuk dimana cocok sebagai pendamping bersantap soto dan nasi pindang. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan Warung Soto Kudus Kang Miun tergolong standar harga soto Kudus di sekitar Yogyakarta dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Kudus Kang Miun
Jl. C. Simanjuntak No. 31A, kelurahan Terban, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta 55223

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 17.00 s/d 22.00 WIB

Kirim pendapat