Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta Dan Cirikhas Daun Kemangi

Soto Khas Kemasan merupakan salah satu kuliner soto yang legendaris dan unik dimana setiap pengunjung yang datang memesan soto pasti ditanya soto yang dipesan pedas, sedang, atau biasa. Selain itu di setiap meja makan disediakan daun kemangi untuk dinikmati bersama hidangan soto. Tidak heran bila Warung Soto Khas Kemasan ini juga dikenal sebagai Warung Soto Kemangi. Sedikit informasi yang didapat, nama Kemasan yang digunakan merupakan nama daerah tempat warung tersebut berjualan.

Soto Khas Kemasan beralamat di Jalan Ringroad Selatan, desa Singosaren, kecamatan Banguntapan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Warung Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta Dari Depan

Lokasi Warung Soto Khas Kemasan berada di tepi Jalan Lingkar Selatan atau sering disebut Ringroad Selatan Yogyakarta. Rute mudah menuju warung soto ini dari Kotagede ke arah timur menuju perempatan Ringroad Timur Yogyakarta. Dari perempatan tersebut belok ke kanan menyusuri jalur lambat Ringroad Timur yang terhubung dengan Ringroad Selatan. Sebelum pom bensin kiri jalan, ada jalan masuk kecil ke arah kiri (selatan). Arahkan kendaraan ke arah jalan masuk tersebut dan posisi Warung Soto Khas Kemasan berada di sisi kiri jalan. Bila pengunjung menuju warung ini dari Terminal Giwangan ke arah timur harus memutar jauh karena tidak atas potongan jalan memutar di Ringroad Selatan.

Soto Khas Kemasan pada awal berdiri berada di daerah Kemasan Kotagede. Namun seiring berjalannya waktu, warung soto ini pindah di daerah Ringroad Selatan dan tetap menggunakan nama Kemasan sebagai nama warung soto.

Suasana Warung Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta

Pengunjung Warung Soto Khas Kemasan yang memesan hidangan soto langsung ditanya oleh pelayan apakah sotonya pedas, sedang, atau biasa (tidak pedas). Sepertinya cita rasa pedas langsung dimasukkan dalam racikan soto tanpa harus menambahkan sambal lagi seperti menikmati hidangan soto pada umumnya. Tidak heran bila di meja makan Warung Soto Khas Kemasan tidak disediakan sambal dan hanya disediakan kecap, garam, dan potongan jeruk purut saja.

Baca Juga  Sisa-Sisa Jalur Rel Kereta Api di Suryowijayan

Sajian Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta

Hidangan soto yang disajikan Warung Soto Khas Kemasan hanya berupa soto biasa tanpa tambahan daging seperti daging ayam, daging sapi, ataupun daging kerbau. Namun kaldu yang digunakan dalam kuah soto berasal dari kaldu ayam kampung asli. Ada yang bilang sajian soto tanpa lauk daging ini disebut sebagai soto kere. Dalam sajian Soto Khas Kemasan terdiri dari nasi, tauge, kubis, potongan tahu bacem, potongan tempe bacem, dan tentu saja kuah soto.

Lauk Tempe Tahu Bacem Di Warung Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta

Lauk yang disediakan untuk menikmati sajian Soto Khas Kemasan cukup lengkap dan beragam. Bisa dikatakan Warung Soto Khas Kemasan memiliki hidangan lauk pendamping soto paling lengkap diantara warung soto lain di sekitar Yogyakarta. Sebut saja beragam jenis daging mulai dari potongan kepala ayam, sayap ayam, hingga potongan daging empal sapi. Bermacam-macam sate pun tersedia di warung ini mulai sate jerohan ayam, sate usus, sate daging ayam, dan sebagainya. Selain itu aneka lauk non daging pun tersedia lengkap mulai tempe bacem, tahu bacem, kripik, dan kerupuk.

Sate Jerohan Ayam Di Warung Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta

Cita rasa yang ditawarkan oleh Soto Khas Kemasan cukup menarik dengan kombinasi rasa manis, gurih, segar bercampur dengan rasa pedas yang langsung disertakan saat meracik sajian soto ini. Walaupun disajikan secara sederhana dan belum diberi tambahan lauk daging, aroma yang dipancarkan dari sajian soto ini cukup nikmat dengan bumbu yang sedikit lebih tajam dibandingkan soto khas Yogyakarta pada umumnya. Sebagian pengunjung yang penasaran dengan menikmati soto dengan kemangi langsung mencobanya sendiri dengan mengambil daun kemangi yang disiapkan di meja makan. Harga yang ditawarkan cukup mahal untuk ukuran harga sajian soto di sekitar Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Khas Kemasan
Jalan Ringroad Selatan, Desa Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 08.00 - sore hari (habis)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jauhari:

    Nék seloso isuk.. Jam 8 sampai selesai merapat kesini waé Buos… Ditunggu kehadirannya…

  2. Gallant Tsany Abdillah:

    Aku wingi bar tekan kene jam 12 awan. Lha terus lauk e entek tinggal sate telur :(((
    Pas takon ibu-ibune malah diguyu, “kalo masnya datang pagi, lengkap. lha masnya datang jam segini udah pada abis.”

Kirim pendapat