Soto Jakarta Bang Madun, Kuliner Kakilima Di Tepi Jalan Barito Kebayoran Baru

Soto Jakarta Bang Madun merupakan daya tarik kuliner Soto Jakarta di daerah Kebayoran Baru. Keberadaan warung ini sudah cukup lama dan kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1960an. Karakteristik Soto Jakarta hampir sama dengan Soto Betawi. Bedanya, menu Soto Jakarta mendapat tambahan saus kacang atau kacang goreng yang digiling halus pada kuahnya. Warung soto ini buka sejak siang hari hingga malam hari atau habis.

Soto Jakarta Bang Madun beralamat di Jalan Barito 1, RT 2 RW 1, kelurahan Kramat Pela, kecamatan Kebayoran Baru, kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12130.

Lokasi Warung Soto Jakarta Bang Madun berada di trotoar Jalan Barito daerah Kebayoran Baru Jakarta. Warung ini menempati sebagian trotoar jalan bersama dengan warung kakilima yang lain. Posisinya diapit oleh Warung Asinan Betawi Bu Yeni dan Rumah Makan Ikhlas. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja. Untuk kendaraan roda empat harus parkir agak jauh dari lokasi warung. Pengunjung yang datang ke warung ini dipersilahkan langsung memesan dan memilih tambahan jerohan sapi atau daging sapi saja.

Menu Soto Jakarta di Warung Soto Jakarta Bang Madun disajikan secara terpisah antara soto dengan nasi putih. Sepiring kuah soto terdiri dari daging dan jerohan sapi (bisa dipilih antara paru, hati, usus, limpa, babat, otak, terpedo, dan sebagainya), irisan kentang goreng, irisan tomat, daun bawang, daun seledri, taburan emping melinjo, dan taburan bawang goreng. Nasi putih disajikan dengan taburan bawang goreng pada bagian permukaan atasnya. Penampilan kuahnya terlihat berlemak namun cukup menggoda selera. Kuahnya terlihat kental dengan warna kuning kecoklatan yang berasal dari bumbu rempah yang digunakanbersampur sambal kacang. Perasan jeruk nipis dan potongan tomat mengurangi rasa eneg dan memberikan kesan segar pada sajian soto.

Cita rasanya cenderung gurih dengan rasa asin dan manis yang berimbang. Bila kurang manis atau asin di meja makan disediakan kecap manis dan garam. Potongan daging sapi dan jerohan sapi cukup empuk dan tidak berkesan alot. Bumbunya cukup meresap pada daging dan jerohan sapi. Harga yang ditawarkan tergolong standar dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan Warung Soto Jakarta Bang madun menarik dicicpi dan cocok sebagai tempat bersantap siang dan malam hari. (text/foto: annosmile)

Penilaian Soto Jakarta Bang Madun
Overall
7.8/10
7.8/10
  • Soto Jerohan Sapi - 7.8/10
    7.8/10
INFORMASI
Soto Jakarta Bang Madun
Jl. Barito 1, RT 2 RW 1, kelurahan Kramat Pela, kecamatan Kebayoran Baru, kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12130

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. aliyanabila:

    sotonya paling enak di jakarta

    • admin:

      Hi aliyanabila,
      Terima kasih atas kunjungannya di blog ini :-)

Kirim pendapat