7 Kuliner Soto Di Bantul Yang Paling Enak Dan Populer

Kabupaten Bantul yang berada disebelah selatan kota Yogyakarta menyimpan potensi kuliner soto yang menarik untuk dicicipi. Beberapa diantaranya cukup dekat dengan pusat kota Yogyakarta dan memiliki akses jalan yang mudah. Sebagian besar cita rasa yang ditawarkan mirip dengan soto kash Yogyakarta karena lokasinya berdekatan. Berikut kuliner soto di kabupaten Bantul yang menarik untuk dikunjungi antara lain :

1. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro Yogyakarta Yang Asli Dan Pertama Dari Luar

Soto Kadipiro merupakan salah satu warung soto yang cukup terkenal di sekitar Yogyakarta. Soto Kadipiro dimasukkan dalam daftar kuliner soto khas Bantul karena secara administratif letak warung berada di dalam wilayah kabupaten Bantul. Sedikit informas yang diketahui, Warung Soto Kadipiro yang asli dan yang pertama kali tidak membuka cabang dimanapun. Ketenarannya membuat banyak bermunculan warung-warung soto dengan nama Kadipiro. Bila anda peka terhadap rasa maka dapat membedakan cita rasa Soto Kadipiro Asli dengan cita rasa Soto Kadipiro yang hanya menumpang nama besarnya.

Baca artikel selengkapnya di Soto Kadipiro, Yang Asli dan Warung Soto Tertua Di Yogyakarta

2. Soto Khas Kemasan

Sajian Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta

Soto Khas Kemasan merupakan warung soto yang cukup terkenal di dekat Terminal Giwangan dan Ringroad Selatan Yogyakarta. Warung soto ini terkenal dengan tambahan daun kemangi dan sering disebut sebagai soto kemangi. Hal yang unik ketika membeli soto di tempat ini adalah setiap pengunjung yang datang memesan soto pasti ditanya soto yang dipesan pedas, sedang, atau biasa.

Baca artikel selengkapnya di Soto Khas Kemasan Ringroad Selatan Yogyakarta Dan Cirikhas Daun Kemangi

Baca Juga  5 Pilihan Kuliner Stasiun Tugu Jogja Dengan Berjalan Kaki

3. Soto Moneter

Warung Soto Moneter Bantul Dari Luar

Soto Moneter merupakan warung soto khas Kotagede yang berada di pinggiran kota Yogyakarta. Warung ini berdiri ketika Indonesia sedang dilandai krisis ekonomi atau yang dikenal dengan istilah krisis moneter. Menu utama yang disajikan warung ini ada soto daging ayam, soto daging sapi, dan tongseng menthok. Warung ini buka menjelang siang hari dan habis atau tutup ketika jam makan siang selesai.

Baca artikel selengkapnya di Soto Moneter, Warung Soto Yang Berdiri Saat Krisis Ekonomi Indonesia

4. Soto Sawah

Papan Nama Soto Sawah Bu Hadi Yogyakarta Di Tepi Jalan

Soto Sawah merupakan daya tarik kuliner soto khas Bantul yang letaknya berdekatan dengan kota Yogyakarta. Warung soto ini telah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu menempati area tepi sawah yang saat ini telah berubah menjadi kawasan perumahan. Ciri khas utama Soto Sawah adalah soto berkuah segar dan berwarna bening. Beberapa orang menyebut hidangan Soto Sawah sebagai soto berkuah paling segar di sekitar Yogyakarta.

Baca artikel selengkapnya di Soto Sawah, Soto Berkuah Paling Segar Di Jogja

5. Soto Sewu Mbah Marto Ngatinah

Soto Ayam Khas Warung Soto Sewu Bantul

Soto Sewu merupakan daya tarik kuliner soto termurah di sekitar Bantul dan Yogyakarta. Cita rasanya yang unik dan harganya yang tergolong sangat murah membuat banyak orang mampir menikmati sajian sotoin ini. Selain sajian soto ayam, warung milik Mbah Marto Ngatinah ini juga menjual hidangan nasi rames dengen beragam lauk.

Baca Juga  6 Kuliner Khas Pacitan Yang Pantas Untuk Dicicipi

Baca artikel selengkapnya di Soto Sewu Bantul, Kuliner Soto Termurah Dengan Cita Rasa Unik

6. Soto Ayam Rodho Jodo Pak Bloon

Suasana Warung Soto Ayam Pak Bloon

Soto Rodho Jodo Pak Blo’on merupakan daya tarik kuliner soto yang berada di sebelah barat kota Bantul tepatnya di ringroad barat kota Bantul. Cita rasanya yang khas dan sesuai dengan lidah masyarakat sekitar membuat warung soto ini ramai dikunjungi dan habis menjelang siang hari. Saat ini usaha warung soto ini dilanjutkan oleh puteranya dan menempati lokasi yang sama. Harga yang ditawarkan cukup murah dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan.

Baca artikel selengkapnya di Soto Ayam Pak Blo’on, Cita Rasa Soto Segar Khas Bantul

7. Soto Djiancuk

Semangkuk Soto Djiancuk

Soto Djiancuk sebenarnya bukan merupakan soto khas Bantul/Yogyakarta melainkan soto khas Surabaya. Cita rasanya yang unik dan menarik banyak penikmati soto membuatnya dimasukkan di dalam daftar kuliner soto di sekitar Bantul. Soto khas Surabaya ini memiliki cirikhas soto berkuah kental dengan campuran dari santan dengan tambahan potongan telur. Harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan soto khas Bantul karena bahan penyusunnya lebih beragam dan bumbunya lebih kompleks.

Selain yang disebutkan diatas beberapa kuliner soto di Bantul yang layak menjadi pertimbangan antara lain :

  • Soto Ayam Pak Gimin. Jl. Bantul
  • Soto Lamongan Iga Sapi “Uenaak”, Jl. Gedong Kuning No.54 Kotagede
  • Soto Joglo. Jl. Cendrawasih Bantul

Kirim pendapat