Sajian Sederhana Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya Sleman

Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya merupakan daya tarik kuliner soto ayam kampung dan ayam goreng di tepi Jalan Raya Jogja-Solo yang letaknya tidak jauh dari Bandara International Adi Sucipto Yogyakarta. Menu utama yang disajikan warung ini dalah Soto Ayam Kampung khas Sukoharjo dan Ayam Goreng khas Sukoharjo. Keberadaannya cukup dikenal para penikmat soto dan pengguna jalan yang melewati jalan raya tersebut. Warung soto ini merupakan cabang dari Soto Mekar Jaya yang berasal dari Perum Korpri Sukoharjo Jawa Tengah.

Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya terletak di Jalan Raya Jogja-Solo Km 11, dusun Cupuwatu, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Buka pukul 06.30 hingga pukul 20.00 WIB.

Warung Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya Sleman Dari Luar

Lokasi Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya berada di tepi jalan raya penghubung antara kota Yogyakarta dengan kota Klaten. Posisi warung ini berada di tepi jalan dan cukup mudah ditemui tanpa harus bersusah payah memasuki gang jalan atau berbelok ke jalan kecil. Bagi penikmati soto yang ingin mencicipi sajian soto ini bisa mengikuti Jalan Raya Jogja-Solo ke arah timur dari pertigaan masuk Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta. Kurangi kecepatan kendaraan ketika melewati kantor percetakan surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR) yang ada di sisi kanan jalan. Beberapa ratus meter berselang warung soto tersebut berada di tepi jalan sebelah kiri. Bila anda menemui Cupuwatu Resto, berarti warung soto tersebut sudah terlewati dan harus memutar arah balik kembali.

Baca Juga  Stasiun Non Aktif Kalasan

Ada dua pilihan Soto Ayam Kampung yang ditawarkan Warung Soto dan Ayam Kampung Mekar Sari yaitu Soto Campur dan Soto Pisah. Soto Campur disajikan dengan mangkok berukuran kecil yang biasa digunakan untuk menyajikan Soto Kudus. Kuah soto terlihat bening menandakan sajian soto ini berasal dari Jawa Tengah. Saat diamati lebih teliti, komposisi penyusun soto mirip seperti soto khas Solo/Surakarta seperti nasi, soun, tauge, potongan daging ayam, seledri, dan taburan bawang merah goreng. Sebagai sajian soto khas Sukoharjo yang membedakan dengan sajian soto khas Solo adalah terletak pada bubuk koya yang disertakan pada sajian soto ini.

Semangkuk Soto Ayam Mekar Jaya Sleman

Saat mencicipi rasa Soto Ayam Kampung Mekar Jaya terasa segar dan gurih dengan cita rasa kaldu ayam kampung yang khas. Selain itu tidak terlihat adanya lemak atau minyak yang menggumpal pada kuah soto dan penggunaan bahan penyedap rasa (msg) masih dalam batas kewajaran. Bumbu soto pun terasa dengan kadar rendah namun tidak mencitrakan sajian tersebut adalah sop. Irisan jeruk nipis yang disediakan melengkapi cara menikmati soto ini. Tidak ketinggalan hidangan pendamping menikmati soto yang disediakan seperti sate ayam, tempe goreng garing, dan tahu goreng cukup menggoda untuk dinikmati.

Harga yang ditawarkan warung Soto dan Ayam Goreng Mekar Sari terbilang terjangkau dan sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan, Soto dan Ayam Goreng Mekar Sari dapat menjadi pilihan bersantap soto di tepi Jalan Raya Jogja-Solo khususnya di seputaran Bandara Udara Internasional Adi Sucipto dan daerah Kalasan serta dapat menjadi pilihan selain Saoto Bathok Mbah Katro yang berada di dekat Candi Sambisari. (text/foto: annosmile)

Penilaian Menu Soto dan Ayam Goreng Mekar Sari
Overall
7.3/10
7.3/10
  • Soto Ayam - 7/10
    7/10
  • Tempe Goreng - 8/10
    8/10
  • Sate Ayam/Jerohan - 7/10
    7/10
INFORMASI
Soto dan Ayam Goreng Mekar Jaya
Jl. Raya Jogja-Solo Km 11, dusun Cupuwatu, desa Purwomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 06.30 s/d pukul 20.00 WIB

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. indobotol:

    soto sleman emang mantep-mantep gan,, klo aku biasanya lebih suka campur sate telor puyuh. lezaat abis dah. :D

    • admin:

      Hi Indobotol,
      iya mas cuma kolesterol tinggi itu hehe :-)

  2. Ceritaeka:

    Duh jadi laper

  3. Komunitas Tanya Jawab Online:

    sepertinya enak, terima kasih infonya ya

Kirim pendapat