Warung Soto Condong Raos, Cita Rasa Soto Khas Tulungagung

Warung Soto Condong Raos, Cita Rasa Soto Khas Tulungagung
3.3 (66.67%) 6 vote[s]

Soto Ayam Condong Raos merupakan daya tarik kuliner khas Tulungagung di tepi Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek. Warung soto ini cukup legendaris karena telah berusia lebih dari empat dekade tahun yang lalu dan cita rasanya masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Menu utamanya dan satu-satunya warung soto ini adalah soto daging ayam kampung.

Warung Soto Ayam Condong Raos Pak Sukeni menyajikan soto khas Tulungagung dan beralamat lengkap di Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek Km 8, desa Ngrendeng, kecamatan Gondang, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Warung ini buka mulai pagi hari hingga siang hari atau hingga dagangan sotonya habis.

Warung Soto Condong Raos Pak Sukeni Dari Depan

Lokasi Warung Soto Condong Raos berada di tepi jalan raya penghubung antara kota Tulungagung dengan kota Trenggalek atau dikenal dengan nama Jalan Raya Gondang. Rute dari pusat kota Tulungagung ke arah barat sejauh 15 kilometer atau membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Posisi warung soto berada di sebelah selatan Kantor Pos Gondang dan Polsek Gondang sebelah kiri jalan. Kondisi jalan yang dilalui cukup lebar karena merupakan jalan raya penghubung dua kabupaten. Area parkir yang disediakan tidak cukup luas namun cukup menampung beberapa kendaraan beroda empat dan belasan sepeda motor.

Setelah mendapati meja kursi yang masih kosong, saya langsung memesan menu utama yang ada di Warung Soto Condong Raos yaitu soto ayam khas Tulungagung. Tidak lama kemudian semangkuk soto tersaji bersama minuman yang saya pesan. Semangkuk soto ayam khas Tulungagung ini terlihat tidak menggunakan santan atau koya seperti soto-soto lain yang ditemukan di daerah Jawa Timur. Kuahnya terlihat bening namun aromanya terasa harum karena bumbu-bumbu yang dicampurkan dipadu dengan kaldu ayam.

Warung Soto Ayam Condong Raos didirikan pada tahun 1976 oleh H. Sukeni di area Pasar Gondang. Beberapa waktu kemudian warung soto ini pindah ke bangunan rumah tepi Jalan Raya Tulungagung Trenggalek hingga saat ini.

Suasana Warung Soto Condong Raos Pak Sukeni

Komposisi soto ayam khas Tulungagung ini tergolong unik dengan potongan daun seledri yang cukup banyak, potongan tipis daging ayam kampung yang cukup empuk dan kesat, sedikit tauge atau kecambah, dan tamburan bawang goreng kemudian disiram dengan larutan bumbu dan sedikit kecap asin. Tidak ketinggalan pula sambel cabe yang ditaburkan sesuai dengan rasa pedas yang diminta karena di meja tidak disediakan sambal. Di meja sendiri hanya disediakan kecap manis dan garam saja untuk mengatur selera masing-masing orang yang menyantap soto.

Cirikhas lain yang membedakan soto ayam khas Tulungagung adalah dalam penyajiannya tidak menggunakan potongan telur rebus seperti soto-soto khas Jawa Timur yang lain. Namun di Warung Soto Ayam Condong Raos disediakan telur bebek asin sebagai makanan pelengkap dalam menikmati soto. Telur bebek asin yang disediakan sama seperti telur bebek biasa yang dijual di pasar atau di sentra pembuatan telur asin. Para pelanggan warung dipersilakan menikmati soto ayam khas Tulungagung dengan atau tanpa telur asin yang disediakan.

Semangkuk Soto Condong Raos Khas Tulungagung

Saya langsung mencicipinya karena tidak sabar menghirup aroma soto ayam kampung yang cukup harum dan gurih ini. Saat dicicip kuahnya, rasanya cukup gurih, segar, dan kaya akan bumbu rempah. Rasa segar dan gurih yang ditimbulkan sepertinya berasal dari kaldu ayam kampung yang dibuat dengan proses yang cukup sempurna. Tidak terasa penambahan bahan penambah rasa seperti kaldu instan dan monosodium glutamat (msg) dalam penyajian soto. Saya pikir warung soto ini telah mempertahankan resep dan penyajian soto khas Tulungagung sejak warung soto ini berdiri.

Potongan daging ayam kampung yang diiris tipis-tipis dan cukup banyak ini mampu memberikan kesan puas saat menyantap Soto Ayam Condong Raos ini. Rasa daging ayam kampung yang gurih dan rendah lemak diproses hingga empuk ini tidak membuat orang kesulitan dalam mengunyahnya. Saat selesai menyantap soto ayam ini tidak meninggalkan efek penyedap rasa yang biasa dirasakan saat menikmati makanan yang diberi bahan penyedap rasa tambahan. Hal inilah yang disukai pelanggan dan mereka ingin kembali menikmatinya keesoka hari. Disekitar meja makan terdapat beberapa toples berisi kerupuk dan rambak sebagai teman dalam menikmati soto. Namun tidak terlihat adanya gorengan dan sate ayam yang biasa dilihat di meja makan. Entah memang hidangan pelengkap tersebut kurang disukai atau memang bukan makanan pendamping saat menikmati soto. Secara keseluruhan Warung Soto Ayam Condong Raos wajib dicicipi ketika berkunjung ke Tulungagung karena ditempat inilah kita bisa menikmati soto khas Tulungagung yang masih terjaga cirikhas dan rasanya sejak warung soto ini berdiri. (text/foto: annosmile)

=== Harga

Soto ayam kampung : Rp 8.500,-

Penilaian Menu Warung Soto Condong Raos
  • 8/10
    Soto Ayam Kampung - 8/10
  • 7/10
    Krupuk Kulit Sapi (rambak) - 7/10
7.5/10
Baca Juga  Stasiun Jombang, Strategis Di Seberang Alun-Alun Kota

Kirim pendapat