Soto Betawi Bang H. Pitung, Pesona Soto Betawi di Kota Jogja

Soto Betawi Bang H. Pitung, Pesona Soto Betawi di Kota Jogja
3.5 (70%) 2 votes

Soto merupakan makanan khas nusantara yang banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Di kota Yogyakarta sendiri, banyak ditemukan bermacam-macam jenis soto mulai dari rasa khas lokal atau khas Yogyakarta hingga khas luar daerah atau khas nusantara. Ada sebuah warung soto yang cukup menarik untuk dicicipi yang menyajikan salah satu kuliner soto khas nusantara berupa soto betawi.

Soto Betawi Bang H. Pitung merupakan salah satu warung yang menyediakan menu utama berupa soto betawi di Yogyakarta beralamat lengkap di Jl. Juminahan No. 12 Yogyakarta.

Penyajian Soto Betawi

Keberadaan warung soto betawi di kota Yogyakarta sendiri masih jarang terdengar dibandingan warung soto yang berasal dari daerah lain yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Yogyakarta. Sempat mendapatkan info bahwa sebuah warung soto betawi dibuka di dekat kawasan Ngasem, namun begitu didatangi warung tersebut tidak ada atau mungkin berpindah lokasi. Hilangnya keberadaan warung soto betawi tidak menghentikan niat untuk mencicipi kuliner khas ibukota ini.

Setelah bertanya pada seorang kawan yang hobi mencicipi kuliner soto khas nusantara diketahui warung soto betawi tersebut pindah tidak jauh dari rumah saya dan akhirnya kami langsung meluncur ke lokasi untuk mengobati rasa penasaran akan soto betawi. Warung soto betawi bernama Warung Bang Haji Pitung sempat membuat kami kurang yakin dengan warungnya yang terlihat sempit dan saat itu sepi pembeli.

Penampakan Soto Betawi

Tidak beberapa lama pelayan datang membawakan pesanan kami. Untuk ukuran penyajian soto baru kali ini saya menemui keunikan pada penyajian soto betawi. Soto betawi disajikan secara terpisah dimana soto betawi diletakkan didalam panci kecil yang dibagian bawah terdapat pengapian berfungsi menjaga kehangatan soto. Nasi putih yang terpisah ditaburi bawang goreng yang mengeluarkan bau gurih dan menggoda selera.

Baca Juga  Pantai Ngunggah Gunungkidul, Tingginya Tebing Dan Perjalanan Yang Melelahkan

Dilihat komposisinya, soto betawi juga sedikit berbeda dengan soto-soto biasa yang dijual di kakilima. Soto betawi berkuah santan yang cukup kental dan dibagian atas ditaburi beberapa emping yang menjadi cirikhas dalam penyajian soto betawi. Potongan tomat yang disertakan untuk menambah rasa segar dan menjaga rasa kuah tidak terlalu gurih. Mengenai daging soto ada dua pilihan yaitu daging sapi atau daging ayam yang bisa dipilih sesuai selera. Perasan jeruk pun tidak luput untuk mewarnai rasa soto betawi. Tidak terlihat adanya tauge, bihun, dan kubis dalam penyajian soto betawi ini.

Secara keseluruhan soto betawi di warung ini cukup menarik untuk dinikmati. Harga yang ditawarkan tergolong murah meskipun sedikit lebih mahal daripada penjaja soto keliling di tepi jalan. Setelah membayar pesanan, kami baru mengetahui bahwa warung soto betawi ini baru saja berpindah lokasi dari kawasan Ngasem yang habis masa sewa bangunannya. (text/foto: annosmile)

CABANG

  • Jl. Juminahan No. 12 Yogyakarta
  • Jl. AM Sangaji 80 Yogyakarta
Penilaian Menu Soto Betawi Bang H. Pitung
  • 7.5/10
    Soto Daging Sapi - 7.5/10
7.5/10

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. TONGKONANKU:

    Nasinya dipisah ya? gak kayak soto pada umumnya. :)

  2. D Sukmana Adi:

    itu sotonya dikasih kayak emping juga ya mas, slurpp ketoke enak banget kih

Kirim pendapat