Soto Becek Mbah Semar Klaten, Kuliner Soto Kambing Di Utara Candi Prambanan

Soto Becek Mbah Semar Klaten, Kuliner Soto Kambing Di Utara Candi Prambanan
3.4 (68.89%) 9 votes

Soto Becek Mbah Semar merupakan salah satu daya tarik kuliner soto di utara Candi Prambanan. Menu utama yang disajikan warung soto ini adalah soto becek atau soto daging kambing. Keberadaan soto daging kambing sangat jarang ditemui di warung penjual soto di sekitar Klaten bahkan Jawa Tengah sekalipun. Kebanyakan warung penjual soto hanya menyajikan hidangan soto dengan daging ayam dan daging sapi.

Soto Becek Mbah Semar beralamat di Jalan Prambanan-Manisrenggo km 2, dusun Cepoko, desa Bugisan, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Soto Becek Mbah Semar Klaten Dari Depan

Lokasi Soto Becek Mbah Semar Klaten berada di tepi Jalan Prambanan-Manisrenggo Klaten. Rute menuju warung makan ini dari kawasan Taman Wisata Candi Prambanan ke arah utara menyusuri Jalan Prambanan-Manisrenggo sejauh 2 (dua) kilometer. Posisi warung makan tersebut berada dekat perempatan jalan di sebelah barat dari sebuah kawasan pabrik. Cukup mudah menemukan warung makan tersebut karena dikelilingi oleh area persawahan dan bangunannya terlihat cukup mencolok. Warung mkanan tersebut menempati sebuah bangunan berbentu joglo dengan lantai keramik berwarna putih. Pada bagian pintu masuk terdapat sebuah patung Semar untuk memperkuat nama warung makan tersebut.

Dapur Warung Soto Becek Mbah Semar Klaten

Pengunjung Warung Soto Becek Mbah Semar yang baru datang langsung dipersilakan memilih tempat duduk yang masih kosong. Bagi saya sendiri lebih memilih tempat paling pojok atau ujung sambil melihat pemandangan sawah yang tumbur subur. Pelayanan akan mendatangi pengunjung untuk memberikan daftar menu dan selembar kertas pesanan. Pengunjung dipersilakan menulis pesananannya sendiri pada secarik kertas kemudin diserahkan kembali kepada pelayan.

Meja Makan Menghadap Ke Sawah Di Soto Becek Mbah Semar Klaten

Sajian menu utama Soto Becek (Soto Kambing) dari Warung Soto Becek Mbah Semar tidak lama kemudian tersaji di meja berikut minuman yang dipesan. Penyajian hidangan Soto Becek dipisah antara nasi dengan sotonya. Dalam semangkuk soto yang terpisah dari nasi terdiri dari potongan daging kambing, irisan seledri, taburan bawang goreng. Sajian soto ini mirip seperti Soto Sulung karena tidak menggunakan soun dan kubis.

Bau harum Soto Becek tercium cukup kuat dan saya menduga bahwa beraneka macam rempah digunakan pada resep sajian soto ini. Kuah soto terlihat encer dan tidak ada penambahan santap dalam masakan. Warna kuahnya sedikit keruh karena menggunaan bumbu rempah dan kaldu. Sebelum menikmati Soto Becek terlebih dahulu saya menambahkan perasan jeruk yang disediakan pada hidangan soto. Cita rasa yang ditampilkan cukup unik dengan rasa kuah yang segar, gurih, sedikit asin, dan kaya akan rempah. Daging kambingnya pun cukup empuk dilidah dan tidak meninggalkan kesan amis dan bau menyengat saat memakannya.

Sajian Soto Di Warung Soto Becek Mbah Semar Klaten

Hidangan pendamping dalam menikmati sajian soto di Warung Soto Becek Mbah Semar cukup beragam mulai dari aneka gorengan, tahu bacem, krupuk, hingga sate telur puyuh. Pengunjung dipersilakan mengambil sendiri hidangan gorengan di meja dekat kasir pembayaran. Ada tiga macam gorengan yang ditawarkan diantaranya tempe goreng, tahu goreng, dan bakwan goreng. Potongan gorengnya cukup besar dan mantap ketika disantap.

Selain Soto Becek atau soto daging kambing, Warung Soto Becek Mbah Semar juga menyediakan menu lain seperti soto ayam, soto sapi, dan ayam goreng kremes. Secara keseluruhan Soto Becek yang menggunakan daging kambing menawarkan hidangan soto yang lain daripada yang lain. Soto ini tidak dapat digolongkan sebagai soto khas Klaten karena tidak memiliki kesamaan cirikhas. Kuatnya penggunaan bumbu rempah-rempah pada soto mengingatkan saya pada cita rasa Soto Sewu yang berada di Ringroad Barat Yogyakarta. Harga makanan dan minuman di Warung Soto Becek Mbah Semar terbilang sedikit lebih mahal dibandingkan warung soto di sekitar wilayah tersebut. Namun pengunjung yang datang ke warung ini tidak akan kecewa dengan cita rasa makanan yang ditawarkan. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Soto Becek Mbah Semar
Dusun Cepoko, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam Buka
Setiap hari mulai pukul 07.00 s/d 17.00 WIB (kecuali Senin libur)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. HLS:

    Hmmm, kelihatannya enak dan mudah dijangkau

    • admin:

      Hi HLS, monggo dicicipi mas :-)

  2. Thata:

    Temenku kl dr jakarta pasti minta k sini… Ini dlu pas aku hamil tiap hr datang buat makan d sini.. Soto sapinya.. Es buahnya.. Dan pelayannya ramah juga … Duduk d dpan warung d bawah pohon talok.. Yg ngelayani mas” rambutnya d kucir manis banget

Kirim pendapat