Soto Ayam Pakde Gi Kotagede Yogyakarta

Soto Ayam Pakde Gi Kotagede Yogyakarta
3 (60%) 1 vote

Soto Ayam Pakde Gi merupakan salah satu warung penjaja hidangan soto di sekitar kawasan Pasar Kotagede Yogyakarta. Menu utama dan satu-satunya yang dijual oleh warung soto ini adalah soto khas Kotagede dengan ciri khusus adanya daun kemangi. Warung soto ini buka sejak pagi hari hingga menjelang siang hari.

Soto Ayam Pakde Gi Kotagede beralamat di Pasar Kotagede, Jalan Mondorakan, kelurahan Purbayan, kecamatan Kotagede, kota Yogyakarta 55192.

Lokasi Warung Soto Ayam Pakde Gi di halaman Pasar Kotagede Yogyakarta sebelah utara dan disebelah timur dari Gardu Listrik Aniem Kotagede. Warung soto ini berhimpit dengan warung pedagang makanan lain yang ada di sekitar pasar. Pengunjung yang baru datang dipersilakan langsung memesan dan mencari tempat duduk yang masih kosong. Penyajian soto ayam di Warung Soto Ayam Pakde Gi menggunakan mangkok putih seperti mangkok soto kakilima pada umumnya. Dalam semangkok soto terdiri dari nasi putih, soun, potongan kubis, tauge (kecambah), potongan lenthok, seledri, irisan daging ayam. Tidak lupa disetiap meja diletakkan daun kemangi untuk menikmati santapan soto khas Kotagede tersebut.

Cita rasa yang ditawarkan Warung Soto Ayam Pakde Gi cenderung gurih dan sedikit asin. Bagi saya sendiri lebih cocok menikmati soto ini karena sedikit menggunakan penyedap rasa buatan (monosodium glutamat) ketimbang Soto Lumayan Kang Sarman yang sama-sama menjual soto khas Kotagede. Harga yang ditawarkan oleh warung soto ini agak mahal dibandingkan harga soto diwarung lain namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Secara keseluruhan warung soto dapat menjadi salah satu pilihan bersantap pagi di sekitar area Pasar Kotagede saat tiba hari pasaran. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. D Sukmana Adi:

    disini kutemukan kuliner tradisional yang enak enak mas..blog mu nusantara bener

    • admin:

      Hi D Sukmana Adi,
      Silakan dicicipi mas kalau mampir di Pasar Legi Kotagede :-)

Kirim pendapat